ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP STEREOTIP PROFESI PADA VIDEO KITABISA.COM DI YOUTUBE

Penulis

  • Nabila Rizki Azizah Prodi Ilmu Komunikasi Unim
  • Ratnaningrum Zusyana Dewi prodi ilmu komunikasi UNIM
  • Masnia Ningsih prodi ilmu komunikasi UNIM

Kata Kunci:

Analisis Resepsi;, Stereotip Profesi;, Youtube

Abstrak

Stereotip profesi merupakan salah satu permasalahan sosial yang ada di masyarakat, namun sering tanpa disadari. Faktanya masih banyak masyrakat yang terpengaruh dengan adanya stereotip profesi. Fenomena stereotip profesi menjadi dasar penelitian ini yang akan membahas bagaimana masyarakat bisa memahami stereotip profesi, dan bagaimana khalayak memberikan makna terhadap stereotip profesi yang ditampilkan melalui video social experiment dalam channel Youtube Kitabisa.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis resepsi dan teknik pengumpulan data wawancara mendalam. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori resepsi khalayak dan teori encoding – decoding karya Stuart Hall. Hasil dari penelitian ini menjelaskan Resepsi Khalayak Terhadap Stereotip Profesi Pada Video Kitabisa.com di Youtube yang dikategorikan dalam tiga jenis pemaknaan dengan jumlah 4 informan berada pada posisi Dominant-hegemonic (khalayak memahami dan menerima pesan yang disampaikan media), 3 informan di posisi Negotiated Position (khalayak memahami namun tidak sepenuhnya menerima pesann yang disampaikan media), dan 2 informan di posisi Opositional ‘counter’ hegemonic (khalayak memiliki pendapat tersendiri dalam menginterpretasikan pesan dari media). Pemberian klasifikasi pemaknaan tersebut ditentukan berdasarkan opini informan terkait stereotip profesi yang ditampilkan pada video “Social Experiment: 2 Orang Ngobrol Tanpa Melihat, Ternyata Ini Yang Terjadi

Biografi Penulis

Nabila Rizki Azizah, Prodi Ilmu Komunikasi Unim

Referensi

Ida, Rachmah. 2018. Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Jensen, Klaus Bruhn and Nicholas W Jankowski. 2002. A Handbook of Qualitative Methodologies for Mass Communication Research. London: Routledge.
Lasswell, Harold D. 1972. The Structure and Function of Communication in Society. Chicago: University of Illinois Press.
Mcquail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa, Edisi 6, Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryanto. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.
Suryanto, dkk. 2012. Pengantar Psikologi Sosial. Surabaya: Pusat Penerbitasn dan percetakan Unair.
Strangor, C. 2011. Social Psychology Principles, Vol. 1. Flat World Knowledge.
Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.
Adi, Tri Nugroho. 2012. Mengkaji Khalayak Media Dengan Penelitian Resepsi, dalam jurnal Acta dijurnal Vol 8 Nomor 1.

Nurazizah, Retna Sari. 2017. Analisis Resepsi Pada Channel Game Reza Oktovian. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi, Surabaya.

Santoso, Muhamad Rizky. 2018. Analisis Resepsi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Surabaya Tenteng Berita Hoaks di Media Sosial. Universitas Islam Negeri Surabaya.

Yushar, Nur Inayah. 2016. Resepsi Mahasiswa UIN Alaudin Makassar Terhadap Film Dokumenter Sicko. Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-31