Pelatihan Pengembangan Manajemen Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Usaha Catering Bu Parini di Kecamatan Danurejan DIY

Authors

  • Valsa Ayunda Tisya
  • Adhi Prakosa Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

catering, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, strategi branding, strategi pemasaran di masa pandemi

Abstract

Pelaku usaha bisnis di tahun 2021 ini masih dihadapkan dengan kenyataan bahwa pandemi Covid-19 yang melanda dunia belum dapat sepenuhnya hilang. Pelaku usaha bisnis tetap harus menjalankan usahanya di tengah kondisi ekonomi yang semakin sulit dan menurunnya tingkat daya beli masyarakat. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena pandemi ini yang menurunkan tingkat konsumsi masyarakat. Bagi pelaku usaha kuliner, penurunan pendapatan sangat terasa sejak awal pandemi di tahun 2020. Hal tersebut dialami juga oleh Catering Bu Parini yang berada di DIY. Untuk itu, diadakan program pelatihan pengembangan manajemen pemasaran lewat kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan topik pemasaran di tengah pandemi, khususnya tema-tema seputar manajemen keuangan dan manajemen pemasaran.

References

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1),

–153.

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019).

Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di

Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.

http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136

Hui, Dan., Madani, Ntoumi., & Kock., Dar, et al. (2020). The continuing 2019-nCoV

epidemic threat of novel coronaviruses to global health—The latest 2019 novel

coronavirus outbreak in Wuhan, China. International Journal of Infectious Diseases,

, 66–264.

Idhom, Adi M. (2020). Virus Corona Bisa Menginfeksi 60 Persen Warga Bumi Jika Tak Diredam.

https://tirto.id//virus-corona//-bisa//-//menginfeks-60-persenwarga-bumi-jika-takdiredameyj8. Diakses pada 4 Maret 2021

Jayani, Dwi H. (2020). Berapa Sumbangan UMKM Terhadap Perekonomian Indonesia.

https://databoks.katadata.co.id/data.publish//2020/05/20//berapasumbangan-umkmterhadap-perekonomian-indonesia. Diakses pada 5 Maret 2021

Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketingterhadap Organizational Performance

Dengan Intellectual Capital Dan Perceived Qualitysebagai Variabel Intervening Pada

Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2),

–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112. Diakses 5 Maret 2021

Rangki, L., Alifariki, L. O., & Dalla, F. (2020). Upaya pencegahan dan penanggulangan

transmisi covid 19 melalui program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo. Journal of

Community Engagement in Health, 3(2), 266–274

Setiawan, Diah (2020) Sebanyak 37.000 UMKM Terdampak Virus Corona. https://money.kompas.com/read/2020/04/17/051200426/sebanyak//37.000umkmterda mpak-virus-corona. Diakses 5 Maret 2021

Sulistyandari, Widiastuti, E., & Indriati, S. (2017) KEMASAN PRODUK SEBAGAI

STRATEGI PEMASARAN KERUPUK RAMBAK “MIRASA” DI DESA

DUKUHTURI, KEC. BUMIAYU, KAB BREBES. ADIMAS, 1-10

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1),

–153

Utomo, Ardi P. (2020). WHO Umumkan Virus Corona sebagai Pandemi Global.

https://www.kompas.com/global/read/2020/03/12/001124570//whoumumkan/-viruscorona-//sebagai-pandemi-//global?page=all. Diakses pada 5 Maret 2021

Downloads

Published

2021-07-29