Pelatihan Pengembangan Manajemen Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Usaha Catering Bu Parini di Kecamatan Danurejan DIY
Kata Kunci:
catering, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, strategi branding, strategi pemasaran di masa pandemiAbstrak
Pelaku usaha bisnis di tahun 2021 ini masih dihadapkan dengan kenyataan bahwa pandemi Covid-19 yang melanda dunia belum dapat sepenuhnya hilang. Pelaku usaha bisnis tetap harus menjalankan usahanya di tengah kondisi ekonomi yang semakin sulit dan menurunnya tingkat daya beli masyarakat. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena pandemi ini yang menurunkan tingkat konsumsi masyarakat. Bagi pelaku usaha kuliner, penurunan pendapatan sangat terasa sejak awal pandemi di tahun 2020. Hal tersebut dialami juga oleh Catering Bu Parini yang berada di DIY. Untuk itu, diadakan program pelatihan pengembangan manajemen pemasaran lewat kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan topik pemasaran di tengah pandemi, khususnya tema-tema seputar manajemen keuangan dan manajemen pemasaran.
Referensi
Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1),
–153.
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019).
Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di
Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.
http://www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136
Hui, Dan., Madani, Ntoumi., & Kock., Dar, et al. (2020). The continuing 2019-nCoV
epidemic threat of novel coronaviruses to global health—The latest 2019 novel
coronavirus outbreak in Wuhan, China. International Journal of Infectious Diseases,
, 66–264.
Idhom, Adi M. (2020). Virus Corona Bisa Menginfeksi 60 Persen Warga Bumi Jika Tak Diredam.
https://tirto.id//virus-corona//-bisa//-//menginfeks-60-persenwarga-bumi-jika-takdiredameyj8. Diakses pada 4 Maret 2021
Jayani, Dwi H. (2020). Berapa Sumbangan UMKM Terhadap Perekonomian Indonesia.
https://databoks.katadata.co.id/data.publish//2020/05/20//berapasumbangan-umkmterhadap-perekonomian-indonesia. Diakses pada 5 Maret 2021
Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketingterhadap Organizational Performance
Dengan Intellectual Capital Dan Perceived Qualitysebagai Variabel Intervening Pada
Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2),
–112. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101-112. Diakses 5 Maret 2021
Rangki, L., Alifariki, L. O., & Dalla, F. (2020). Upaya pencegahan dan penanggulangan
transmisi covid 19 melalui program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo. Journal of
Community Engagement in Health, 3(2), 266–274
Setiawan, Diah (2020) Sebanyak 37.000 UMKM Terdampak Virus Corona. https://money.kompas.com/read/2020/04/17/051200426/sebanyak//37.000umkmterda mpak-virus-corona. Diakses 5 Maret 2021
Sulistyandari, Widiastuti, E., & Indriati, S. (2017) KEMASAN PRODUK SEBAGAI
STRATEGI PEMASARAN KERUPUK RAMBAK “MIRASA” DI DESA
DUKUHTURI, KEC. BUMIAYU, KAB BREBES. ADIMAS, 1-10
Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1),
–153
Utomo, Ardi P. (2020). WHO Umumkan Virus Corona sebagai Pandemi Global.
https://www.kompas.com/global/read/2020/03/12/001124570//whoumumkan/-viruscorona-//sebagai-pandemi-//global?page=all. Diakses pada 5 Maret 2021