Analisis Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Pemberdayaan Usaha dalam Meningkatkan Daya Saing terhadap UMKM di Kabupaten Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.36815/bisman.v6i3.2948Keywords:
Creative Economy, Business Empowerment, Competitiveness, MSMEsAbstract
In Sumenep Regency, MSMEs have an important role in regional economic growth. MSMEs are the livelihood of the majority of people in Sumenep Regency. The development of MSMEs in Sumenep Regency is an important part in absorbing labor and is very productive in creating new workers, so that it can increase the number of new business units that support household income. Sumenep Regency Community. The approach used in this research is to use a quantitative method approach. The method used is the Incidental Sampling method. The aim of this research is to find out whether the development of the creative economy has an effect on increasing the competitiveness of MSMEs in Sumenep Regency. The research results show that the creative economy variable (X1) has a significant effect on the competitiveness variable (Y) and the community empowerment variable (X2) does not have a significant effect on the competitiveness variable (Y).
References
Daulay, Z. A. A. (2018). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Dengan Metode Triple Helix (Studi Pada UMKM Kreatif di Kota Medan). Tansiq, 1(2), 169–190.
Dimas Hendika Wibowo. (2015). Strategi dan Program Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1), 59–66.
Eljawati. (2021). Peran UMKM Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Publik, 8(1), 32–46.
Halim, A. (2022). Analisis pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kabupaten Mamuju. Forecasting : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 2656–6265.
Mahalizikri, I. F. (2019). Membangun dan Mengembangkan serta Meningkatkan UMKM di Desa Tenggayun. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 185–194.
Meilinda, D., & Mahmud, A. (2020). Pengaruh Kredit Usaha Rakyat (KUR), Total Aset, Jumlah Tenaga Kerja, Biaya Pemasaran Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 247–257. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.45659
Raharjo, T. W., & Rinawati, I. H. S. (2019). Penguatan Strategi Pemasaran Dan Daya Saing Umkm Berbasis Kemitraan Desa Wisata.
Ridzal, N. A., Malik, E., Sujana, I. W., & Octaviani, V. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif Di Kabupaten Buton Selatan. Riset & Jurnal Akuntansi, 7(4), 3730– 3740. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.730
Sari, N. (2011). Pengembangan ekonomi kreatif bidang kerajinan tradisional Jambi. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1689– 1699.
Sugiarto, R. R. (2022). Peran Ekonomi Kreatif dalam Pemberdayaan Industri Kerajinan Bambu Desa Talang Berugo Lembah Masurai Merangin Jambi. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 152–159. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.195
Sutrisno, E. D. Y. (2021). Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi melalui Sektor Umkm dan Pariwisata. Jurnal Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, 9(1), 167–185.
Swastuti, E., & Pudjiarti, E. S. (2021). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif
Mendukung Daya Saing Daerah Kota Tangerang. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(1), 25–40. http://jurnal.untag- sby.ac.id/index.php/jpap/article/view/5168
Tadjuddin, & Mayasari, N. (2019). Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Palopo. Journal of Islamic Management and Bussines, 2(1), 9–22.
Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195–205. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.172
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 29(1), 59–66.
Yusuf, E., & Julianti, Y. (2022). Strategi Pengembangan Usaha untuk Meningkatkan Daya Saing pada UMKM Ekonomi Kreatif Aroma Bakery 3 di Kota Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(4), 485–488.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Semua Informasi yang terdapat di Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management bersifat akademik. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.