Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Bangunan Ahsan Jaya Wringinanom Gresik
DOI:
https://doi.org/10.36815/bisman.v7i2.3140Keywords:
service quality, product quality, price, customer satisfactionAbstract
The purpose of this study is to determine: 1) The partial effect of service quality on customer satisfaction; 2) The partial effect of product quality on customer satisfaction; 3) The partial effect of price on customer satisfaction; 4) The simultaneous effect of service quality, product quality, and price on customer satisfaction. The population in this study consists of all customers of Ahsan Jaya Building Store. Sample determination using non-probability sampling techniques with the Slovin formula yielded 60 respondents, and data distribution was conducted using accidental sampling. Data were analyzed using multiple linear regression, with hypothesis testing conducted partially using the t-test, while simultaneous hypothesis testing was conducted using the F-test. The research results indicate: 1) Service quality partially influences customer satisfaction; 2) Product quality partially influences customer satisfaction; 3) Price partially influences customer satisfaction; 4) Service quality, product quality, and price simultaneously influence customer satisfaction.
References
Al-Idrus, S. (2023). Pengembangan Ekonomi Pesantren Melalui Gerakan Wirausaha. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Ashilah, W. F., & Nawawi, Z. M. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Balai Kota Medan dengan Pengetahuan Produk sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 7(1), 1–13.
Danarahmanto, P. A., Azis, Y., Primiana, I., & Kaltum, U. (2023). Into Model Bisnis Perusahaan Rintisan. Deepublish.
Irawan, H. (2003). Indonesian customer satisfaction: Membedah strategi kepuasan pelanggan merek pemenang ICSA. Elex Media Komputindo.
Jaenudin, J., & Pratiwi, V. A. (2024). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen: Analisis pada Belva Wedding Gallery di Majalengka. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(1), 45–52.
Kotler, P., Burton, S., Deans, K., Brown, L., & Armstrong, G. (2015). Marketing. Pearson Australia.
Lianawati, R. (2024). Dampak Hospitality terhadap Kepuasan Konsumen di Jonas Photo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 76–84.
Maghfiroh, S., Sutanto, I. I., & Ulfah, P. (2023). Pengaruh Implementasi Total Performace Scorecard Terhadap Kualitas Dan Impilkasinya Dalam Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman (JRAS), 1(2), 94–115.
Mahardika, K. B. D., Sarofa, U., & Jariyah, J. (2023). Peningkatan Kualitas Produk Sempol Ayam Frozen Dengan Metode Sigma di UMKM XYZ, Gianyar-Bali. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(1), 199–212.
Mariyam, Y. S. (2024). E-Government dalam Pelayanan Publik. CV. AZKA PUSTAKA.
Marliana, L. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli dan Kepuasan Konsumen. Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 19–27.
Ma’rufah, A. (2023). Strategi Service Quality Sebagai Media Dalam Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Pendidikan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 813–822.
Nursanti, T. D., Haitamy, A. G., DN, D. A., Masdiantini, P. R., Waty, E., Boari, Y., & Judijanto, L. (2024). ENTREPRENEURSHIP: Strategi Dan Panduan Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Yang Efektif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Parasuraman, A., Berry, L., & Zeithaml, V. (2002). Refinement and reassessment of the SERVQUAL scale. Journal of Retailing, 67(4), 114.
Purnomo, M. N., Fauzi, A., Caesar, L. A. Y., Suryanata, R., Tombeng, I. Y., Widjaya, K., & Dipo, M. (2024). The Pengaruh E-Commerce (Ojek Online), Motivasi Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 5(3), 168–178.
Setiawan, A. W., Fadhilah, M., & Hutami, L. T. H. (2024). Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek di Mixue Yogyakarta. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 1157–1177.
Shaleha, W. M. (2023). Workplace Sprituality dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Karyawan Perbankan Syariah. Penerbit NEM.
Steinhardt, G. (2019). Market-value pricing: definitions, concepts, and processes for market-value centric pricing. Springer.
Sulasih, S., Manullang, S. O., Purba, B., Mardia, M., Purba, P. B., Mistriani, N., Simarmata, J., Dewi, I. K. S. H., & Irdawati, I. (2021). Studi Kelayakan Bisnis. Yayasan Kita Menulis.
Wadu, R. M. B., & Wirawan, R. (2024). Analisis Pengaruh Ketersediaan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna MacBook di Jakarta Selatan. Jurnal EMT KITA, 8(1), 329–339.
Widargo, S. A., & Dermawan, R. (2024). Pengaruh Citra Merek, Ketidakpuasan Pasca Konsumsi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Produk Indihome. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2051–2163.
Widodo, A., & Yusiana, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Usia Sebagai Moderator. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 1041–1050.
Wulandari, D. U., & Sukaris, S. (2024). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian shampo Pantene. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 7(1), 49–70.
Wulandari, O., & Setyawan, A. A. (2024). Pengukuran Kepuasan dan Kualitas Pelayanan terhadap Konsumen Jasa Kuliner Mie Gacoan (Studi Kasus pada Mie Gacoan Area Surakarta). MANAJEMEN DEWANTARA, 8(1), 112–124.
Zein, M. H. M. (2023). Transformasi Birokrasi Pada Abad 4.0. Sada Kurnia Pustaka.
Zulkarnaini, Z., Suhardi, Y., Akhmadi, A., Darmawan, A., & Fanindia, R. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan citra merek terhadap kepuasaan pelanggan. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 7(1), 13–22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Semua Informasi yang terdapat di Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management bersifat akademik. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.