Pengaruh Sistem Pembayaran Cash on Delivery, Online Costumer Review dan Costumer Rating terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.36815/bisman.v7i1.3201Keywords:
Cash on Delivery payment system, Online Customer Review, Customer Rating, Purchase DecisionAbstract
In conducting research, researchers utilized Tokopedia application users in Yogyakarta. This research aims to determine the influence of the cash on delivery payment system, online customer reviews, and customer ratings on the purchasing decisions of Tokopedia consumers in Yogyakarta. By utilizing the Tokopedia application, sampling in this study used purposive sampling techniques and utilized primary research data conducted by conducting surveys via Google Forms or questionnaires as the main data source with a Likerd scale of 1 to 4. The number of respondents in this study was one hundred and seventeen which were determined. with the Solvin formula. The methodology used in this research is multiple linear regression analysis using the SPSS version 18 application. The technique used in this research consists of multiple linear regression analysis tests, T tests, and coefficient of determination or R2 tests. The results of this research show that based on the results of the t test and f test the cash on delivery payment system, online customer reviews and customer ratings have a significant positive effect on purchasing decisions via the Tokopedia application in Yogyakarta.
References
Andriani, E. R., Pujianto, A., & Andayani, S. (n.d.). Pengaruh Sistem Pembayaran COD,
Gratis Ongkir Dan Review Pembeli terhadap Minat Beli Baju Di Lazada. Jurnal
Ekonomi.
Anis Futihatu Rohmah & Beta Asteria. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Penjualan Pada Toko Karpet AB07 Yogyakarta. Jurnal Ekonomi.
Hana Yoflike Mokodompit,S. L. H. V. Joyce Lapian, Ferdy Roring (2022). Pengaruh
Online Costumer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery, dan Online
Costumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada
Mahasiswa dan Alumni Equil Choir FEB UNSRAT). Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Imam Santoso & Harries Madiistriyatno (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Mayangsari, M., & Aminah, S. (2022). Pengaruh Penilaian Produk, Promosi dan Layanan
COD (Bayar di Tempat) Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee
di Sidoarjo. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 498.
Nabila Adillati Azka. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Layanan Cash On Delivery,
Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Situs Shopee
Generasi Z Di Kota Surakarta. Jurnal Visi Manajemen, 9(2), 25–35.
Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk,
Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi
Kasus Pada Mahasiswa Ubsi). Procuratio?: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 439
Putri, Yayang Giana., dkk. (2022). Pengaruh Customer Review, Customer Rating dan
Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia
(Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia Di Malang). Jurnal Riset Manajemen,
(2), 82–94.
Rani, A., & Zusmawanti STIE KBP Padang, S. (2023). Economics and Digital Business
Review Pengaruh Layanan Cash On Delivery (COD) Dan Online Costumer Review
(OCR) Terhadap Keputusan Pembelian Pada (E-Commerce) Shopee di Kota
Pariaman. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Septiyaningrum, E., Fajar, R. N., Fermiana, D., Utami, Y. A., & Fergiawan, D. (2023).
Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian
Seblak Pasta Taman Siswa Bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)
Widya WiwahaYogyakarta. In Seminar Nasional STIE Widya Wiwaha.
Silvia Titasari, M. Ridwan Basalamah, & Tri Sugiarti Ramadhan. (2023). Jurnal 5.
Pengaruh Pembayaran Cash On Delivery (COD), Harga Produk, Dan Kualitas
Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Kasus Pada
Mahasiswa UNISMA). Jurnal Ekonomi
Septiyaningrum, E., Fajar, R. N., Fermiana, D., Utami, Y. A., & Fergiawan, D. (2023).
Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian
Seblak Pasta Taman Siswa Bagi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE)
Widya Wiwaha Yogyakarta. In Seminar Nasional STIE Widya Wiwaha.
Wilda Thoma Sihaloho dan Finisica Dwijayati Patrikha. (2023).Pengaruh Brand
Ambassador, Costumer Review, dan Layanan Cash On Delivery Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen di Aplikasi Social Commerce. Jurnal Ekonomi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Semua Informasi yang terdapat di Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management bersifat akademik. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.