Pemanfaatan Software Microsoft Mathematics dalam Pembelajaran Matriks
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.147Keywords:
Microsoft Mathematics, MatrixAbstract
Matriks merupakan sub materi pelajaran matematika yang wajib dikuasai siswa. Matriks secara umum akan melibatkan angka-angka atau aljabar yang disusun dalam entri-entri tertentu (letaknya pada baris dan kolom ke-(?,?)).Dalam menyelesaikan soal mengenai operasi matriks sebenarnya bukanlah halyang sulit untuk diselesaikan,hanya saja untuk mengoperasikan matriks ada beberapa konsep lain yang harusdipahami. Namun, kenyataan di lapangan yang terjadi bahwa masih banyak siswayang belum menguasai sub materi ini,dikarenakan kurangnya pemahamansiswa tentang konsep yang digunakan untuk mengoperasikan matriks. Sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi hal itu maka diperkenalkan penggunaan softwareMicrosoft mathematics dalam proses belajar mengajar pada pembelajaran matriks. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan motivasi untuk belajar matriksdengan cara yang tidak membosankan yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajarsiswa terhadap materitersebut. Penelitian ini baru sebatas kajian teori dan belum diimplementasikan.
References
Hernawati, Kuswari. 2009. Pembelajaran Aljabar Linier dengan Perangkat Lunak Bantu Microsoft Math. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Pembelajaran%20Aljb%20linear.pdf
Hernawati, Kuswari. 2012. Menggambar grafik dengan microsoft mathematic 4. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/p engabdian/kuswari-hernawati-ssimkom/menggambar-grafik-2d-denganmicrosoft-math.pdf.
Nugroho, Tri Adi.2014.Analisis Tipe – Tipe Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matriks Kelas X Smk Prawira Marta Kartasura. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wright, David. 1995. Mathematics, pedagogy and ICT. Didownload dari www.ecls.ncl.ac.uk/publications/Clark%5EDavidWrightMathematics%20and%20ICT.ppt
Wulandari, Q.D.C.A.2016.Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas X MAN Trenggalek Tahun 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.