Proses Kognitif Pembelajaran Matematika dalam Perspektif Gender

Authors

  • Suesthi Rahayuningsih Universitas Islam Majapahit Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v7i2.3604

Keywords:

Kognisi, Gender, Pembelajaran Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran gender dalam proses kognitif dan pembelajaran matematika melalui pendekatan kajian pustaka. Berbagai literatur yang membahas hubungan antara gender, kognisi, dan pembelajaran matematika dianalisis untuk memahami bagaimana perbedaan gender memengaruhi cara siswa dalam memproses informasi matematis serta memilih dan menerapkan strategi pemecahan masalah. Hasil kajian menunjukkan bahwa gender dapat memengaruhi pendekatan kognitif siswa, di mana siswa laki-laki cenderung lebih berani mengambil risiko dan menggunakan strategi eksploratif, sementara siswa perempuan lebih berhati-hati dan terstruktur dalam menyelesaikan masalah matematika. Meskipun demikian, pengaruh gender ini tidak bersifat deterministik dan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti stereotip sosial, pengalaman pendidikan, dan budaya pembelajaran. Penelitian ini juga mengidentifikasi pendekatan pembelajaran yang lebih inklusif dan responsif terhadap perbedaan kognitif berbasis gender, seperti memberikan dukungan emosional dan mengurangi stereotip gender dalam pembelajaran. Temuan ini memberikan wawasan yang berguna untuk mengembangkan strategi pengajaran yang lebih inklusif, yang dapat memaksimalkan potensi semua siswa dan menciptakan lingkungan pembelajaran matematika yang adil dan efektif, tanpa memandang gender

References

Bian, L., Leslie, S. J., & Cimpian, A. (2017). Gender stereotypes about intellectual ability emerge early and influence children’s interests. Science, 355(6323), 389–391. https://doi.org/10.1126/science.aah6524

Bradley, H. (2007). Gender. Polity Press.

Breda, T., & Napp, C. (2019). Girls’ comparative advantage in reading can largely explain the gender gap in math-related fields. Proceedings of the National Academy of Sciences, 116(31), 15435–15440. https://doi.org/10.1073/pnas.1809016116

Cimpian, J. R., Lubienski, S. T., Timmer, J. D., Makowski, M. B., & Miller, E. K. (2020). Have gender gaps in math closed? Achievement, teacher perceptions, and learning behaviors across two ECLS-K cohorts. AERA Open, 6(3), 1–20. https://doi.org/10.1177/2332858420941900

Connell, R. W. (2012). Gender and power: Society, the person, and sexual politics. Stanford University Press.

D’Agostino, S., Dougherty, S. M., & Sattineni, A. (2022). Adaptive learning technology and its role in personalized education. Educational Technology Research and Development, 70(2), 343–368. https://doi.org/10.1007/s11423-021-10050-2

Ganley, C. M., George, C. E., Cimpian, J. R., & Makowski, M. B. (2018). Gender equity in math: Considering the role of teachers. Contemporary Educational Psychology, 54, 120–132. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2018.06.007

Good, C., Rattan, A., & Dweck, C. S. (2021). Why do women opt out? Sense of belonging and women’s representation in mathematics. Journal of Personality and Social Psychology, 102(4), 700–717. https://doi.org/10.1037/a0026659

Gunderson, E. A., Ramirez, G., Levine, S. C., & Beilock, S. L. (2018). The role of parents and teachers in the development of gender-related math attitudes. Sex Roles, 59(11-12), 782–793. https://doi.org/10.1007/s11199-008-9463-2

Hyde, J. S., Lindberg, S. M., Linn, M. C., Ellis, A. B., & Williams, C. C. (2019). Gender similarities characterize math performance. Science, 321(5888), 494–495. https://doi.org/10.1126/science.1160364

Krippendorff, K. (2019). Content analysis: An introduction to its methodology (4th ed.). Sage Publications.

OECD. (2019). PISA 2018 results: What students know and can do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/19963777

Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods (4th ed.). Sage Publications.

Schwinger, M., Steinmayr, R., & Spinath, B. (2014). Achievement goal profiles in elementary school: The role of goal structures and social relationships. Contemporary Educational Psychology, 39(4), 349–361. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2014.09.002

UNESCO. (2019). Global education monitoring report: Gender report 2019. UNESCO Publishing.

Vitalaya, E. (2010). Gender dan konsep sosial. Jurnal Sosiologi, 18(2), 47–65.

Wang, M.-T., & Degol, J. L. (2017). Gender gap in STEM: Current knowledge, implications for practice, policy, and future directions. Educational Psychology Review, 29(1), 119–140. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9355-x

Wang, M.-T., Eccles, J. S., & Kenny, S. (2019). Not lack of ability but more choice: Individual and gender differences in choice of STEM careers. Psychological Science, 24(5), 770–775. https://doi.org/10.1177/0956797612458937

Downloads

Published

2024-12-23

Most read articles by the same author(s)