Analisis Pengaruh Putaran Mesin Terhadap Tegangan Pengisian Baterai Pada Vario 150 cc
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamecha.v2i1.738Keywords:
putaran mesin, baterai, sistem pengisianAbstract
Sistem pengisian adalah sistem yang menghasilkan energi listrik, agar bisa mengisi kembali dan mempertahankan kondisi energi listrik baterai tetap stabil. Sistem pengisian pada sepeda motor merupakan faktor utama pada motor vario 150 cc, faktor ini sangat penting, karena kelistirkan ini erat hubungannya dengan faktor keselamatan pengendara. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh rpm terhadap sistem pengisian baterai pada honda vario 150 cc. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Setelah dilakukan uiji coba maka didapat hasil Bahwa perubahan rpm ( rotation per minute ) sangat berpengaruh terhadap sistem pengisian baterai. Dan dari uji coba tersebut pengisian baterai secara maksimal terdapat pada 3000 rpm dan 6000 rpm dengan menunjukkan angka 14,2 V DC, bahwa tegangan pada baterai tersebut sudah stabil.
References
AHM. Suplemen Buku Pedoman dan Reparasi Honda Supra X 125 PGM FI. Jakata PT. Astra Honda Motor.
AHM. Buku Panduan PGM FI. Jakata : PT. Astra Honda Motor AHM. Pelatihan Mekanik Tingkat-1. Jakarta : PT. Astra Honda Motor Anggi. 2012.
Annehira. 2012. Mengenal Kelistrikan Sepeda Motor, di akses tgl 07 Juli 2012, http://www.anneahira.com.
Daryanto. 2001. Teknik Reparasi dan Perawatan Sepeda Motor. Jakarta : Bumi Aksara.
Drs. Yon Rijono. 2004. Dasar Teknik Tenaga Listrik (Edisi Revisi). Yogyakarta Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Majamecha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.