THE ROLE OF JOURNALIST IN COVID VACCINES 19 PERSUASIVE ADS
PERAN JURNALIS DALAM IKLAN PERSUASIF TERHADAP COVID-19
Kata Kunci:
hoax, jurnalis, covid-19Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran jurnalis dalam masa pandemi Covid-19 dan mengetahui bagaimana cara mengidentifikasi berita hoax yang tersebar, khususnya di media sosial. Objek penelitian ini adalah objek penelitian sekunder, dimana bahan yang digunakan untuk memperoleh penghasilan data berupa dokumen-dokumen tertulis seperti jurnal, artikel dan berita tertulis. Metode yang peneliti gunakan adalah observasi list, dimana penulis mengumpulkan data melalui beberapa data tertulis yang telah ada untuk meninjau dan membuktikan kebenaran dari penelitian yang dilakukan.
Dalam artikel ini peneliti membuktikan bahwa seorang jurnalis dianggap sebagai peran yang paling penting dalam menyampaikan berita secara akurat dan vaktual. Berita juga disebarkan melalui media sosial agar masyarakat terhindar dari berita hoax yang mudah tersebar di khalayak umum. Berita hoax adalah berita yang tidak pasti atau tidak mempunyai kebenaran dalam isi beritanya, untuk itu sebagai masyarakat, sebaiknya bisa memilah dan memilih mana berita yang hoax dan mana berita yang benar. Peran jurnalis dalam hal tersebut adalah mencari berita dengan sumber terpercaya dan didukung oleh fakta-fakta yang ada, sehingga menghasilkan informasi yang akurat dan dapat disebarkan ke khalayak umum.
Referensi
Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.
Briyandewo, J. (2017). Jenis-Jenis Iklan dan Teknik Persuasi Dalam Tiga Puluh Iklan Surat Kabar Kompas Periode 2015-2017. Universitas Sanata Dharma.
Dede. (2019). Peranan Jurnalis Media Televisi dalam Proses Pemulihan Korban Bencana Alam di Kota Palu (Studi pada Palu TV). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Juditha, C. (2020). People Behavior Related To The Spread Of Covid-19’s Hoax.
Journal Pekommas, 5(2), 105. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050201 Kemenkes RI. (2014). Profil Kesehatan Indonesia. Kementrian Kesehatan
Indonesia. In Pusdatin.Kemenkes.Go.Id.
Mawangi, G. T. (2021). WHO dan UNESCO Tegaskan Peran Jurnalis Dukung Vaksinasi Covid-19. Humaniora. https://m.mediaindonesia.com/humaniora/381166/who-dan-unesco-tegaskan- peran-jurnalis-dukung-vaksinasi-covid-19
Nugroho, Yusuf, S., & Setyawan. (2014). The Identification and Deterrence Attempts of Fake News (Hoax) on Indonesian Language Learning.
Klasifikasi Masa Studi Mahasiswa Fakultas Komunikasi Dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta Menggunakan Algoritma C4.5, VI(1), 84–91.
Prasetya, B. (2007). Metode Penelitian Kuantitaif Teori dan Aplikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Rachmanta, R. D., Lestari, M. T., & Pamungkas, I. N. . (2016). Teknik Persuasi pada Periklanan Digital sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Deskriptif Produk Indihome PT Telekomunikasi Indonesia). E-Proceeding of Management, 3(2), 2566–2570.
Romanova, I. D., & Smirnova, I. V. (2019). Persuasive techniques in advertising.
Trainin,Language and Culture, 3(2), 55–70.https://doi.org/10.29366/2019tlc.3.2.4
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Wahyudi, D. (2021). Pengaruh Berita Hoax di Media Sosial Terhadap Masyarakat (Studi di Kecamatan Alam Barajo). 4(1), 85.
Wahyudin, P. J. (2016). Pengantar Jurnalistik Olahraga. Pengantar Jurnalistik Olahraga, 42.
Warsa. (2021). Tantangan Jurnalis di Tengah Pandemi. CNN Indonesia, Youtube. https://youtu.be/DRiYAB53w-Y
Yuliana, Y. (2020). Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur.
Wellness And Healthy Magazine, 2(1), 187–192. https://doi.org/10.30604/well.95212020
Yusnidar. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Teks Biografi pada Siswa SMA Negeri Unggul Aceh Timur. Samudera Bahasa, 4(September). https://ejurnalunsam.id/index.php/JSB/issue/view/275/52
Yusuf. (2020). Jurnalis Garda Terdepan Informasi Covid-19. Berita Kominfo. https://kominfo.go.id/content/detail/26483/menkominfo-jurnalis-garda- terdepan-informasi-covid-19/0/berita_satker