Penggunaan Clickbait Headline pada Portal Berita Tribunnews.com
Kata Kunci:
Clickbait, Tanggungjawab Sosial, Diferensiasi, Tribunnews.comAbstrak
Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan clickbait headline pada portal berita Tribunnews.com. Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah penggunaan clickbait headline pada portal berita Tribunnews.com. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan obyek Tribunnews.com. Penelitian ini menggunakan teori tanggung jawab sosial, dan strategi diferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan menunjukkan masyarakat masih sadar bahwa clickbait yang dilakukan oleh Tribunnews.com bisa mendatangkan kekecewaan setelah membacanya dan muncul rasa tidak puas. Namun, banyak juga masyarakat yang akhirnya kembali meng-klik judul berita Tribunnews.com dan mengunjungi websitenya lantaran tergoda oleh judul-judul berita yang boombastis. Bukti tersebut diperkuat, meskipun masyarakat merasa banyak yang tidak puas, Tribunnews.com menjadi salah satu media online besar di Indonesia yang mampu menduduki peringkat ke 3 di Indonesia. Itu disebabkan karena Tribunnews.com memiliki strategi diferensiasi yaitu clickbait dalam menaikkan viewer ditengah persaingan banyaknya media online sekarang. Sebagai rasa tanggung jawab sosial, Tribunnews.com mempersilahkan netizen yang merasa tertipu akan beritanya untuk memberikan komentar yang berisi saran guna membangun Tribunnews.com agar kedepannya lebih baik lagi dalam menayangkan berita.
Referensi
H. Syaiful Rohim, M.Si., Teori Komunikasi Perspektif, Ragam, & Aplikasi (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Cet. XIV (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010)
Rahma Sugihartati, Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kontemporer, (Jakarta: Kencana, 2014)
Kadir, A. 2003. Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta: Andi
Denis McQuail, Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar, diterjemahkan oleh Agus Dharma dan Aminuddin Ram, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 1987)
Onong U. Effendy, Dimensi-dimensi Komunikasi (Bandung: Alumni, 1984)
M.O Palapah dan Atang Syamsuddin, Studi Ilmu Publisistik, (Bandung: Fakultas Publisistik UNPAD Bandung, 1975)
Nia Kurniati Syam, Sistem Media Massa di Era Reformasi: Perspektif Teori Normatif Media Massa, (Bandung: Mediator, 2006)
Sandra Moriarty, et. al., Arvertising, terj. Triwibowo B.S., (Jakarta: Kencana, 2011)
Rachmat Kriyantono, S.Sos., M.Si., Teknik Praktis Riset Komunikasi, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006)
Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017)
Isti Nursih Wahyuni, Komunikasi Massa (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014)
WEBSITE
https://www.alexa.com/ (diakses 01 Agustus 2020)
https://www.google.co.id/drive/apps.html
https://kbbi.web.id/bombastis Bombastis: Banyak berjanji, tetapi tidak akan berbuat banyak; banyak menggunakan kata dan ucapan yang indah-indah serta muluk-muluk, tetapi tidak ada artinya; bersifat omong kosong; bermulut besar. (diakses pada 4 Mei 2019)
https://tirto.id/clickbait-jebakan-judul-berita-yang-menipu-pembaca-cF7b (diakses pada 25 Juni 2020)
JURNAL / SKRIPSI
M Rizky Kertanegara, “Penggunaan Clickbait Headline pada Situs Berita dan Gaya Hidup Muslim Dream.co.id” Jurnal Komunikasi Vol 11 (1) 2018
Hajar Azizatun Niswah, “Pengaruh Kebutuhan Akan Informasi Tentang Figur Publik dan Intensitas Mengakses Berita Clickbait di Situs Berita Media Daring Terhadap Tingkat Kepuasan Pembaca yang Mengaksesnya” Jurnal Komunikasi 2018
Ahmad Syafieq, Drs. H. Abdul Wahid, M. AP, Risa Dwi Ayuni, S.I.Kom, M.Si, “PENGGUNAAN UMPAN KLIK PADA JUDUL BERITA UNTUK MENARIK MINAT PEMBACA”