IMPLEMENTASI PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH DAERAH (Studi tentang Penyelenggaraan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto) Tahun 2019
Kata Kunci:
Implementasi, Pelayanan Publik, PATENAbstrak
Pelayanan publik yang berkualitas merupakan hal yang diperlukan masyarakat. Dalam rangka menciptakan pelayanan publik yang berkualitas, pemerintah mengeluarkan PeraturanDalamNegeri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). PATEN bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraanPATEN di Kecamatan Gondang dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi PATEN di Kecamatan Gondang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan informan, observasi dan dokumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi PATEN di Kecamatan Gondang sudah berjalan dengan baik namun masih memiliki kekurangan pada faktor sumberdaya yaitu kuantitas dan kualitas staf serta fasilitas. Pada faktor komunikasi, Kecamatan Gondang telah melakukan transmisi dan memberi pemahaman mengenai PATEN. Pada faktor disposisi dapat diketahui bahwa staf-staf telah memahami tugas-tugas yang dimiliki, tidak ada penolakan dan bersikap baik saat melayani masyarakat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa yang menjadi faktor penghambat pada Implementasi PATEN di Kecamatan Gondang adalah sumberdaya. Faktor pendorong Implementasi PATEN di Kecamatan Gondang adalah komunikasi dan disposisi.
Referensi
Atik Septi Winarsih dan Ratminto. Manajemen Pelayanan.
Yogyakarta:Pustaka Pelajar. 2012
Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset. 2003
Joe Fernandes. Otonomi Daerah di Indonesia Masa Reformsi Antara Ilusi dan Fakta Jakarta: IPOS dan Ford Fondation. 2002
Rulam Ahmadi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta.
Ar-Ruzz Media. 2016
Solichin Abdul Wahab. Pengantar Analisis Kebijakan Publik.
Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press. 2008
Solichin Abdul Wahab. Analisis Kebijakan. Jakarta, Bumi Aksara. 2012
Komarudin. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Penerbit: Genesindo. 2014