PERAN PARTISIPAN DALAM DIFERENSIASI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK IPAL CV. MUJI PERKASA UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN
Kata Kunci:
Limbah Cair, IPAL, Diferensiasi, Komunikasi PemasaranAbstrak
Meningkatnya limbah cair dari sektor industri dan rumah tangga telah meningkatkan permintaan air bersih dan memperlambat pemulihan lingkungan. Berdasarkan Laporan Kinerja Direktorat Pengendalian Pencemaran Air 2023, pencemaran akibat limbah cair masih tinggi, dan upaya pemerintah belum mencapai target yang diharapkan. Oleh karena itu, diperlukan alat seperti IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) untuk mengolah limbah cair menjadi air bersih sebelum dibuang ke lingkungan. IPAL merupakan produk dengan bentuk dan nilai tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari peran partisipan dari unsur komunikasi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk IPAL oleh CV. Muji Perkasa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk menggambarkan situasi tanpa menguji hipotesis atau membuat prediksi. Penelitian ini menggunakan teori bauran komunikasi pemasaran 7P untuk menjelaskan diferensiasi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi komunikasi pemasaran pada produk IPAL perusahan produsen ini salah satunya terletak pada partisipan. Dalam unsur partisipan ini Dikertur Utama perusahaan produsen IPAL ini melatih tim teknisi sendiri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Supaya konsumen mendapatkan layanan yang maksimal dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Referensi
Adhianti, A.A. and Herlinda, H. (2020) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran 7P Pengelola Museum Sejarah Jakarta Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Mancanegara’, Scriptura, 10(1), pp. 34–42. Available at: https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.34-42.
Afrilia, A.M. (2018) ‘Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen’, Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), pp. 147–157. Available at: https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21.
Ahmad, E.N. (2021) ‘Diferensiasi Produk Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran pada Lahan Pemakaman Firdaus Memorial Park’, Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 3(1), p. 1. Available at: https://doi.org/10.24014/kjcs.v3i1.13035.
Ansori (2015) ‘Riyono, Budiharja GE. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua. 2016;2(8):92-121’, Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), pp. 49–58.
Aprilia, I.S. and Zunggaval, L.E. (2019) ‘Peran Negara Terhadap Dampak Pencemaran Air Sungai Ditinjau Dari Uu Pplh’, SUPREMASI Jurnal Hukum, 2(2), pp. 15–30. Available at: https://doi.org/10.36441/supremasi.v2i2.115.
Bagaskara (2023) Jenis dan Manfaat Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), Mutu International. Available at: https://mutucertification.com/instalasi-pengolahan-air-limbah/.
Belladona, M., Nasir, N. and Agustomi, E. (2020) ‘Perancangan Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL) Industri Batik Besurek di Kota Bengkulu’, Jurnal Teknologi, 12(1), pp. 6–13. Available at: jurnal.umj.ac.id/index.php/jurtek.
Candra, E., Permatasari, R. and Kurniati, L. (2023) ‘Studi Kelayakan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) Domestik Kawasan Bendung Kota Palembang’, Jurnal Teknik Sipil LATERAL, 1(1), pp. 26–36. Available at: https://doi.org/10.52333/lateral.v1i1.133.
Dinda Arba Fauzia and Frency Siska (2022) ‘Pengadaan Instalasi Pengolahan Air Limbah sebagai Syarat Pembuangan Limbah Cair dalam Upaya Pencegahan Pencemaran Air berdasarkan Peraturan Bupati Cirebon Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Ketentuan Perizinan Pembuangan Limbah Cair ke Sumber Air di Cirebon’, Jurnal Riset Ilmu Hukum, 1(2), pp. 104–110. Available at: https://doi.org/10.29313/jrih.v1i2.527.
Fachmi, M. (2020) ‘Pengaruh Diferensiasi Produk, Customer Relationship Management (Crm), Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Pekalongan’, pp. 11–36. Available at: https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/13620%0Ahttps://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/13620/10. BAB II.pdf?sequence=10&isAllowed=y.
Hariyanto, D. (2016) Buku Komunikasi Pemasaran, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Harudyawati, D.P. (2016) ‘Pengelolaan Ipal Komunal yang Berkelanjutan di Dusun Sengkan, Sleman, Yogyakarta’, Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, pp. 4–4. Available at: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/108/05.2 bab 2.pdf?sequence=8&isAllowed=y.
Hastutiningrum, S. and Purnawan, P. (2017) ‘Pra-Rancangan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) Industri Batik (Studi Kasus Batik Sembung, Sembungan Rt.31/Rw.14, Gulurejo, Lendah, Kulonprogo)’, Eksergi, 14(2), p. 52. Available at: https://doi.org/10.31315/e.v14i2.2148.
Martini, S., Yuliwati, E. and Kharismadewi, D. (2020) ‘Pembuatan Teknologi Pengolahan Limbah Cair Industri’, Jurnal Distilasi, 5(2), p. 26. Available at: https://doi.org/10.32502/jd.v5i2.3030.
Nurhaliza, R.A. and Adnan, M.- (2023) ‘KEBIJAKAN PENGENDALIAN LINGKUNGAN HIDUP (STUDI KASUS PENGELOLAAN LIMBAH CAIR USAHA PENATU DI KOTA SEMARANG)’, Journal of Politic and Government Studies; Vol 13, No 1?: Periode Wisuda Januari 2024 [Preprint]. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/42270.
Panuju, R. (2019) Komunikasi Pemasaran: Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi dan Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran, Prenada Media Group. Available at: http://repository.unitomo.ac.id/2252/1/3. Buku Kompas_compressed.pdf.
Ranudi, R.S.E. (2018) ‘Evaluasi Pengelolaan IPAL Komunal di Kabupaten Sleman’, pp. 8–25. Available at: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/10630/SKRIPSI SELESAI.pdf?sequence=1.
Samsu (2017) Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development, Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Ulfah, M. (2018) ‘Pemanfaatan Air Permukaan dan Air Tanah’, Seminar Nasional Hari Air Dunia, (43), pp. 125–129.
Wulandari, S. (2023) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Aplikasi Kelas Jodoh Melalui Akun Media Sosial Instagram @Kelasjodohsfk Dalam Menjaring Member’, pp. 12–22.
Yusuf, M. (2014) METODE PENELITIAN: KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN PENELITIAN GABUNGAN. Pertama. Jakarta: KENCANA.