Analisis Kepuasan Layanan Home Delivery Dengan Mempertimbangkan Sistem Cash On Delivery Pada Last Mile

Logistic

Authors

  • Pindo Syakur Juliansyah Teknik Industri Universitas Islam Mojopahit
  • Pipit Sari Puspitorini Teknik Industri Universitas Islam Mojopahit
  • Rakhmad Wahyudi Teknik Industri Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Pengiriman Terakhir, Kepuasan Pelanggan, J&T Express, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pelanggan terhadap layanan pengiriman J&T Express dengan mempertimbangkan sistem Cash On Delivery (COD) pada last mile delivery. Di era globalisasi ini, permintaan untuk layanan pengiriman yang cepat dan efisien semakin tinggi, sehingga perusahaan logistik seperti J&T Express perlu berinovasi untuk memenuhi harapan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menilai berbagai faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, seperti kecepatan pengiriman, ketepatan waktu, kondisi barang saat diterima, dan interaksi dengan kurir. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang disebarkan kepada pelanggan J&T Express yang menggunakan layanan COD di wilayah Mojosari, Mojokerto. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor kecepatan pengiriman dan kondisi barang saat diterima memiliki dampak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi J&T Express untuk meningkatkan kualitas layanannya, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan

References

Cahyono, H., Ekayanti, E., & Efendi, I. B. (2019). OPTIMASI RUTE PADA PERMASALAHAN TWO DIMENTIONAL LOADING – CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM ( 2L-CVRP ) Actions ( login required ). 0722067704, 2019–2020.

Fanani, Z., Puspitasari, N. B., Susanty, A., Andini, A. R., & Rumita, R. (2020). ANALISIS LOGISTIC SERVICE QUALITY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN JASA PENGIRIMAN JNE EXPRESS. In Jurnal Teknik Industri (Vol. 15, Issue 2).

Hendrawan, T. S., Rosyida, E. E., & Efendi, I. B. (2022). Pemodelan Sistem Pengiriman Barang dengan Mempertimbangkan Resiko Pengiriman di J&T Express. Jurnal Produktiva, 2(2), 1–7. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/produktiva/article/view/1348

Musthofa, A. H., Puspitorini, P. S., & Efendi, I. B. (2018). Penentuan Rute Terpendek Guna MenentukanPenjadwalan Distribusi Kertas Kemasan MenggunakanMetode Cheapest Insertion Heuristic (CIH) AlgoritmDan Distribution Requirement Planning (DRP). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 17(1), 36.

Rijanto, A. (2019). Kaji Eksperimental Perbandingan Penggunaan Bahan Bakar pada Mesin Parut Kelapa. Majamecha, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.36815/majamecha.v1i1.363

Published

2025-01-27

How to Cite

Juliansyah, P. S. ., Puspitorini, P. S., & Wahyudi, R. . (2025). Analisis Kepuasan Layanan Home Delivery Dengan Mempertimbangkan Sistem Cash On Delivery Pada Last Mile: Logistic. Jurnal Produktiva, 5(01), 1–5. Retrieved from https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/produktiva/article/view/3559

Issue

Section

Articles