Analisis Troubleshooting Sistem Kelistrikan Bodi Pada Honda Revo Absolute

Authors

  • Juni Adi Kurniawan Universitas Islam Majapahit
  • Achmad Rijanto Universitas Islam Majapahit
  • Luthfi Hakim Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamecha.v1i2.543

Keywords:

Baterai, Sistem penerangan, Saklar

Abstract

Sistem kelistrikan bodi adalah segala fitur yang terdapat pada bodi sepeda motor yang memerlukan listrik. Sistem kelistrikan bodi pada sepeda motor merupakan faktor tambahan atau pendukung pada sepeda motor, walaupun hanya faktor tambahan atau pendukung hal ini tidak kalah pentingnya dengan komponen lainnya pada sepeda motor, karena kelistrikan ini erat hubungannya dengan faktor keselamatan pengendara. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah agar memahami gangguan yang ada serta cara mengatasi pada sistem kelistrikan bodi pada sepeda motor honda revo absolute. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Setelah dilakukan uiji coba maka didapat hasil bahwa kerusakan pada baterai dapat ditangani dengan cara mengisi baterai, sedangkan kerusakan pada sistem dapat ditangani dengan cara mengganti bola lampu, dan untuk kerusakan pada saklar dapat ditangani dengan cara membersihkan saklar.

References

Agus Y.A. (2016). Mengenal Dan Memahami Alat-Alat Ukur Otomotif. Jogjakarta: JAVALITERA.
Jama, J. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Kuswana, W. S. (2014). Sistem Kelistrikan Kendaraan Ringan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suharyanto. (2018). Sistem Kelistrikan Motor. Retrieved from Sistem Kelistrikan Motor : Bagian, Cara Kerja, Fungsi dan Perawatannya: https://hargamotor.co.id/info-motor/sistem-kelistrikan-motor

Downloads

Published

2019-12-22

How to Cite

Kurniawan, J. A., Rijanto, A., & Hakim, L. (2019). Analisis Troubleshooting Sistem Kelistrikan Bodi Pada Honda Revo Absolute. Majamecha, 1(2), 128–135. https://doi.org/10.36815/majamecha.v1i2.543

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>