Analisis Efektifitas Komunikasi Pemasaran untuk Produk Le Minerale Melalui Media Televisi terhadap Minat Beli
isi pesan, struktur pesan, format pesan, sumber pesan, media televisi, minat beli
DOI:
https://doi.org/10.36815/bisman.v7i2.3270Keywords:
message content, message structure, message format, message source, television media, purchase interestAbstract
This research aims to determine the influence of message content, message structure, message format, message source, and television media on purchasing interest in bottled drinking water products under the Le Minerale brand in the Special Region of Yogyakarta. The method used in this research is a quantitative method. The data in the research is primary data with data collection techniques using questionnaires. Sampling used purposive sampling technique. Data analysis used SPSS version 26.0, the analysis technique used multiple linear regression analysis with a significance level of 0.05. The results of this research show that the variables of message content, message structure, message format, message source, and television media have a positive and significant effect on purchase interest in bottled drinking water products under the Le Minerale brand. This research is limited to message content, message structure, message format, message source, and television media on purchasing interest.
References
Ahdiat, A. 2022. Ini Jenis Media yang Paling Banyak Menyedot Perhatian Konsumen. Diakses pada 23 Agustus 2023 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/01/ini-jenis-media-yang-paling-banyak-menyedot-perhatian-konsumen
Amami, MohFurqon. 2013. Pengaruh Pesan Iklan Terhadap Minat Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun Angakatan 2009-2011 Yang Memilih Rokok S. Universitas Brawijaya.
Astuti, Budi, dan M, Sri Yeni. 2007. Hubungan Kekuatan Iklan Frestea Green di Televisi Terhadap Respon Konsumen Berdasarkan Model Hirarki Efek. 30(65), 277-91.
Atmodjo, T.J. 2013. Variabel Kuantitatif. Diakses dari https://statistika21.files.wordpress.com/2013/03/kumpulan-variabel-indikator-1.pdf
Azzahra, Fanisha Merinda. 2022. Strategi Komunikasi Pemasaran Yan Property Development Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Pada Project The Emeralda Resort. Universitas Komputer Indonesia.
Bimasa, Fitria. 2011. Pengaruh Pesan Iklan Televisi Terhadap Ingatan Dan Minat Beli, Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Universitas Brawijaya.
Dewanto, Adityo Agung. 2013. Analisis Pengaruh Variabel-Variabel Pesan Iklan Yang Mempengaruhi Brand Awareness Masyarakat.
Duhri, M. K. 2023. Pola Hidup Sehat Dan Isu Ramah Lingkungan. Diakses pada 1 Mei 2024 dari https://kolom.solopos.com/pola-hidup-sehat-dan-isu-ramah-lingkungan-1644256
Febriana, C. N., Kusumadji, S., dan Mawardi, M. K. 2015. Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Kesadaran Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Pengguna Produk TRESemme). Jurnal Administrasi Bisnis. 25(1).
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gustian, M. R & Rosyad, U. N. 2017. Hubungan Pesan SMS Blast Dunkin Donuts dengan Minat Beli Konsumen Di Bandung. Prosiding Manajemen Komunikasi. 3(1).
Hariyana, Nanik. 2013. Pengaruh Penggunaan Iklan Endorser Produk Sabun Lux Media Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Loyalitas Merek Pada Konsumen Produk Sabun Lux Di Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen. 12(2).
Hasanah, Uswatun. 2008. Pengaruh Atribut-Atribut Iklan Terhadap Minat Beli Kartu GSM 3 Di Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.
Hastuti, R. P. 2022. Pengaruh Terpaan Iklan Shopee Di Televisi Terhadap Minat Beli Masyarakat Desa Jenggrik Kedunggalar Ngawi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Hemamalini, K. S & Kurup, S. K. 2014. Effectiveness of Television Advertisement on Purchase Intention. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology. 3(2).
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jl. 2. PT Prenhallindo.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, L. (2016). Marketing Management (15 Edition). Pearson Education, Inc.
Mahardiyanto, Agus. 2013. Pengaruh Iklan Kopi “Top Coffe” Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Di Kota Jember. Universitas Jember.
Nabeel, Ahmed. 2014. “Tv Ads Impact On Consumer Purchase Intention. Institute of Business Administration Karachi.
Puryandani, S. 2012. Merancang Pesan yang Efektif Untuk Iklan Produk UNSOUGHT. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan. 3(1).
Putri, S. A. 2020. Pesan Iklan Sabun Lux Versi Bunga Citra Lestari Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Optima. 4(1).
Safitri, R & Andriani, I. 2018. Pengaruh Pesan Pada Instagram Terhadap Minat Beli Sayur Organik. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi. 2(1).
Top Brand. 2023. Top Brand Kategori Makanan dan Minuman sub kategori Air Minum Dalam Kemasan. Diakses pada 15 September 2023 dari https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=2&id_subkategori=432&tahun_awal=2015&tahun_akhir=2023
Tunnisa, D. H. 2006. Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Konsumen Menjadi Nasabah Bank BRI. Universitas Islam Indonesia.
Wicaksono, Mohammad Pambudi Ari, dan Seminari, Ni Ketut. 2016. Pengaruh Iklan dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka. E-Journal Manajemen Unud. 5(8), 5098-5127.
Yoebrilianti, Anggit. 2014. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Pada Jejaring Sosial). Universitas Widyatama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Semua Informasi yang terdapat di Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management bersifat akademik. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.