Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.36815/bisman.v7i3.3724Keywords:
Profitability, Capital structure, Company size, Company valueAbstract
The company's value reflects the market's assessment of the company's business prospects and ability to generate profits in the future. This value is often linked to the stock price and is the basis for investors to evaluate the company's performance. This study aims to determine the influence of profitability, capital structure, and company size on the value of companies in the food and beverage sector listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 2019-2023. This study uses a quantitative method. There were 95 companies in the study population, and a sample of 24 companies was selected by the purposive sampling method. Data analysis was carried out by multiple linear regression using SPSS version 25. This study shows that profitability has a positive and significant influence on company value, while company capital structure and size have no effect on company value.
References
L. A. Margie and M. Melinda, “Pengaruh Green Accounting, Sales Growth Dan Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan,” J. Revenue J. Ilm. Akunt., vol. 4, no. 2, pp. 594–607, 2024, [Online]. Available: https://revenue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/339
H. Nersiwad, “Alokasi Penanaman Modal Asing (Pma) Sektoral Pada Era Covid-19 Di Indonesia,” Http://Journal.Stiemb.Ac.Id/Index.Php/Mea/Article/View/1764, vol. 5, no. 3, pp. 2804–2816, 2021, [Online]. Available: http://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1764
F. D. Jayanti, “Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan,” J. Bingkai Ekon., vol. 3, no. 2, pp. 34–44, 2018.
R. N. Ayem Sri, “Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Deviden, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan,” J. Akunt., vol. 4, no. 1, pp. 31–39, 2016, [Online]. Available: https://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/125
N. C. Amalia, “Pengaruh Rasio Likuiditas, Profitabilitas, Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2015-2017,” J. Penelitan Ekon. dan Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 39–47, 2018.
T. Wulandari, L. N. Pratiwi, N. Ruhana, and R. Pakpahan, “Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan: Komparasi Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19,” J. Appl. Islam. Econ. Financ., vol. 3, no. 2, pp. 425–435, 2023, doi: 10.35313/jaief.v3i2.3851.
M. Setiawati and E. Veronica, “Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset, Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis, Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, Likuiditas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Jasa Periode 2016-2018,” J. Akunt., vol. 12, no. 2, pp. 294–312, 2020, doi: 10.28932/jam.v12i2.2538.
B. Curry and & I. 2021, “Jurnal Ekonomi dan Manajemen e-ISSN?: 2656-775X PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN,” pp. 1–14, 2021.
E. Indriyani, “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan,” Akuntabilitas, vol. 10, no. 2, pp. 333–348, 2017, doi: 10.15408/akt.v10i2.4649.
A. Nur Amalia, “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Struktur Modal Terhadap Kinerja Keuangan,” J. Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 10, no. 5, pp. 1–17, 2021.
A. A. Gz and G. A. Lisiantara, “Pengaruh profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan, likuiditas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan,” Owner, vol. 6, no. 4, pp. 3974–3987, 2022, doi: 10.33395/owner.v6i4.1030.
W. A. Isnaeni, S. B. Santoso, E. Rachmawati, and S. E. B. Santoso, “Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan,” Rev. Appl. Account. Res., vol. 1, no. 1, p. 17, 2021, doi: 10.30595/raar.v1i1.11720.
Sasmito, A. B., & Hidayat, M. S. (2022). Pengaruh Brand Image Tagline Dan Online Consumer Review Terhadap Purchase Decision Pada Produk Franchise Kue Balok Parikesit Cab. Mojokerto. Prosiding SNABM 1th 2022, 1(1), 250-262.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Semua Informasi yang terdapat di Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management bersifat akademik. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.