Pengenalan Media Bahasa Inggris Bagi Guru Tk Jefelind Kids Kota Padang

Authors

  • ARMILIA RIZA - Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Hevriani Sevrika Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rika Afriyanti Universitas PGRI Sumatera Barat

Keywords:

bahasa inggris, guru TK, media

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan Guru-guru di TK JEFLIND Padang terkait dengan bagaimana menciptakan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kaidah pengajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini. Selain itu, alasan lain yang melatarbelakangi kegiatan pengabdian ini adalah kebanyakan dari guru-guru yang mengajar di Taman Kanak-kanak untuk bidang studi Bahasa Inggris banyak yang tidak lulusan Pendidikan Bahasa Inggris, atau kadang berasal dari jurusan Bahasa Inggris namun masih minim pengetahuan tentang mengajar Bahasa Inggris bagi anak usia dini. Oleh karena itu, tim dosen Prodi Pendidikan Universitas PGRI Sumatera Barat memberikan pelatihan khususnya bagi guru-guru TK JEFLIND dengan mengadakan pengabdian tentang media penagajaran yang cocok untuk mengajar anak usia dini dan cara menggunakannya. Adapun media yang diperkenalkan diantaranya boneka jari, gambar, flash cards, real objects dan video-video pembelajaran Bahasa Inggris bagi anak usia dini. Proses pelatihan berlangsung 1 hari dan juga dipraktekan langsung oleh guru TK JEFLIND yang bertindak sebagai siswa. Adapun respon guru sangat antusias dengan pelatihan ini dan mereka berharap tema-tema pengabdian lain yang dapat mendukung pengajaran Bahasa Inggris dapat dilaksanakan disekolah mereka. 

Published

2024-06-30

How to Cite

-, A. R., Hevriani Sevrika, & Rika Afriyanti. (2024). Pengenalan Media Bahasa Inggris Bagi Guru Tk Jefelind Kids Kota Padang. MAJAMAS (Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Pembelajaran), 2(2), 9–15. Retrieved from https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/article/view/3390