Implementasi Bahan Ajar dan Buku Prestasi Santri untuk Meningkatkan Motivasi Minat Baca al-Qur’an Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren PPAI Tanwirul Qulub Malang)

Penulis

  • Lailatus Sa'adah Universitas KH.A.Wahab Hasbullah
  • Ahmad Taqiyuddin Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Maisatul Afidah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Nuzulul Laila K.A.H Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Izatul Afifah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Kata Kunci:

Program, Education, Motivation, qur'an.

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan  bertujuan untuk meningkatkan  dan memperbaiki mutu pendidikan di lembaga pendidikan Islam, serta meningkatkan kualitas keprofesionalisme guru al-Qur’an dengan memberikan pusat pelatihan pengajaran. Metode penelitian yang dilakukan selama pelaksanaan pengabdian adalah dengan metode observasi aktif yang dilakukan selama satu bulan, serta menggali informasi dengan cara observasi dan studi kajian teori yang berdasarkan pada buku-buku yang ada dan sesuai dengan penelitian ini. Pada proses pengabdian masyarakat ini menghasilkan sebuah produk yaitu program pendidikan pada unit Madrasah Qur’aniyah yaitu bahan ajar buku Tajwid Terpadu dan  buku Prestasi Siswa  yang digunakan sebagai bentuk tindakan evaluasi diri yang diharapkan dapat mendorong semangat dan motivasi belajar siswa/santri yang ada di dalam lembaga pendidikan Pondok Pesantren PPAI Tanwirul Qulub Desa Ngijo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-24

Cara Mengutip

Sa’adah, L., Taqiyuddin, A., Afidah, M. ., Laila K.A.H, N., & Afifah, I. (2023). Implementasi Bahan Ajar dan Buku Prestasi Santri untuk Meningkatkan Motivasi Minat Baca al-Qur’an Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren PPAI Tanwirul Qulub Malang). Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 29–34. Diambil dari https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/article/view/2442

Terbitan

Bagian

Articles