Merajut Disiplin Positif dalam Pendidikan: Lokakarya Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 3 Tahun Pertama

Penulis

  • Rini Lindawati Universitas Islam Majapahit
  • Nurhayati Ganinda Universitas Islam Majapahit

Kata Kunci:

Program Sekolah Penggerak (PSP), Disiplin Positif, Lokakarya, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstrak

Institusi pendidikan memiliki kesempatan melalui Program Sekolah Penggerak (PSP) untuk mendapatkan bantuan dari Fasilitator Sekolah Penggerak (FSP) mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Fasilitator dapat memberikan dukungan PSP melalui lokakarya. Disiplin Positif adalah salah satu tema lokakarya PSP. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman berbasis disiplin positif di sekolah penggerak akan berdampak secara maksimal pada perkembangan dan pembentukan karakter peserta didik. Pengawas sekolah, kepala sekolah, dan dua perwakilan guru dari Komite Pembelajaran (KP) adalah peserta lokakarya. Ada 42 orang yang menghadiri lokakarya di SMP Negeri 1 Kepanjen, yang berada di Kabupaten Malang Melalui metode alur MERRDEKA, peserta dapat menerapkan pemahaman mereka tentang konsep dasar disiplin positif, lima posisi kontrol, keyakinan kelas, kebutuhan dasar manusia dan dunia berkualitas, serta segitiga restitusi. Metode ini mencakup langkah-langkah berikut: Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antar materi, serta Aksi Nyata.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-10

Cara Mengutip

Lindawati, R., & Ganinda, N. (2025). Merajut Disiplin Positif dalam Pendidikan: Lokakarya Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 3 Tahun Pertama. Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 9–16. Diambil dari https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamas/article/view/3674