Potensi Penggunaan Limbah Kendaraan Bekas Melalui Teknologi Anodizing

Authors

  • Nani Mulyaningsih Universitas Tidar
  • Sigit Mujiarto Universitas Tidar
  • Faiz Listyanda Universitas Tidar
  • Yunita Rahayu Universitas Tidar
  • M. Faiz Salim Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamecha.v6i2.3520

Keywords:

limbah, potensi, anodizing, korosi

Abstract

Proses anodizing merupakan teknik yang efektif dalam meningkatkan ketahanan korosi aluminium melalui pembentukan lapisan oksida pelindung. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses anodizing pada footrest aluminium bekas untuk meningkatkan daya tahannya terhadap korosi, sehingga dapat dimanfaatkan kembali sebagai produk dengan umur pakai yang lebih panjang. Menggunakan variasi waktu  (7, 14, 23, 32, 42 menit), arus 2,5A dan tegangan 18 Volt. Uji ketahanan korosi dilakukan dengan metode potensiodinamik untuk mengevaluasi performa footrest setelah anodizing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi proses anodizing dapat secara signifikan meningkatkan  ketahanan korosi footrest bekas sebesar 0,0234491mmpy. Proses ini memungkinkan pemanfaatan kembali footrest aluminium bekas sebagai produk yang lebih tahan terhadap kerusakan lingkungan, serta mendukung pengurangan limbah logam.

References

Darmawan, A. S., Riyadi, T. W. B., Hamid, A., Febriantoko, B. W., & Putra, B. S. (2018). Corrosion resistance improvement of aluminum under anodizing process. AIP Conference Proceedings, 1977(June 2018). https://doi.org/10.1063/1.5042862

Eka Febriyanti, E. (2015). Optimasi Proses Pelapisan Anodisasi Keras Pada Paduan Aluminium. Metalurgi, 26(2), 109. https://doi.org/10.14203/metalurgi.v26i2.15

Hardiyansyah, M., Syafa’at, I., & Dzulfikar. (2021). Analisis Tegangan, Defleksi, Dan Faktor Keamanan Pada Pemodelan Footrest Sepeda Motor Y Dengan Aplikasi Autodesk Inventor Berbasis Simulasi Elemen Hingga. Jurnal Ilmiah Cendekia Eksakta, 2, 7–14.

Hermawan, H., Mulyaningsih, N., & Pramono, C. (2017). Pengaruh Kuat Arus Pada Proses Anodizing Terhadap Karakteristik Velg Mobil Merk Bsa. Journal of Mechanical Engineering, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.31002/jom.v1i1.372

Mulyaningsih, N., & Tidarriano, B. B. (2020). Estimated corrosion resistance of nickel-plated fuel tanks on RON 92 and RON 90 fuels. Journal of Physics: Conference Series, 1517(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1517/1/012014

Muzaki, M., Mashudi, I., Fakhruddin, M., Anwar, A. M., Paranata, R. A. N., & Wiganata, G. (2022). Analisis Pengaruh Variasi Beda Potensial dan Waktu Proses Anodizing terhadap Karakteristik Lapisan Oksida Aluminium 6061. Jurnal Rekayasa Mesin, 17(1), 59. https://doi.org/10.32497/jrm.v17i1.3020

Pamungkas, R. S., Salahudin, X., Mulyaningsih, N., Mesin, J. T., Teknik, F., Tidar, U., Mesin, J. T., Teknik, F., Tidar, U., Mesin, J. T., Teknik, F., & Tidar, U. (n.d.). Pengaruh Variasi Waktu Anodizing Terhadap Karakteristik Velg Racing Merk Sprint. 2(x), 41–47.

Pratama, A. A. (2016). Studi pengerasan regangan (strain hardening) pada foot step sepeda motor produk asli dan produk imitasi (lokal).

Safitri, P. M., & dkk. (2018). Perancangan Footrest Stairs dan Scissor Lift Table di Area Mesin CNC Bor Melalui Pendekatan Ergonomi dengan Metode Posture Evaluation Index ( PEI ) di PT Pindad ( Persero ) Bandung. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 16(2), 122–129.

Setyaningsih, L., Anna, B., & Purbasari, A. (2016). Perancangan Footrest Untuk Mengurangi Kelelahan Operator Pada Bagian Kaki Di Cell S/a Coil Xs156 Di Pt.Abc. Jurnal PASTI, 10(2), 126–137. http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

Syafa’at, I., Darmanto, & Priyanto, E. (2016). Studi optimasi faktor keamanan footrest sepeda motor x berbasis simulasi elemen hingga. Momentum, 12(2), 53–57.

Downloads

Published

2024-12-20

How to Cite

Mulyaningsih, N. ., Mujiarto, S. ., Listyanda, F. ., Rahayu, Y. ., & Salim, M. F. . . (2024). Potensi Penggunaan Limbah Kendaraan Bekas Melalui Teknologi Anodizing . Majamecha, 6(2), 315–323. https://doi.org/10.36815/majamecha.v6i2.3520

Issue

Section

Articles