Potensi Penggunaan Limbah Kendaraan Bekas Melalui Teknologi Anodizing
DOI:
https://doi.org/10.36815/majamecha.v6i2.3520Kata Kunci:
limbah, potensi, anodizing, korosiAbstrak
Proses anodizing merupakan teknik yang efektif dalam meningkatkan ketahanan korosi aluminium melalui pembentukan lapisan oksida pelindung. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses anodizing pada footrest aluminium bekas untuk meningkatkan daya tahannya terhadap korosi, sehingga dapat dimanfaatkan kembali sebagai produk dengan umur pakai yang lebih panjang. Menggunakan variasi waktu (7, 14, 23, 32, 42 menit), arus 2,5A dan tegangan 18 Volt. Uji ketahanan korosi dilakukan dengan metode potensiodinamik untuk mengevaluasi performa footrest setelah anodizing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi proses anodizing dapat secara signifikan meningkatkan ketahanan korosi footrest bekas sebesar 0,0234491mmpy. Proses ini memungkinkan pemanfaatan kembali footrest aluminium bekas sebagai produk yang lebih tahan terhadap kerusakan lingkungan, serta mendukung pengurangan limbah logam.
Referensi
Darmawan, A. S., Riyadi, T. W. B., Hamid, A., Febriantoko, B. W., & Putra, B. S. (2018). Corrosion resistance improvement of aluminum under anodizing process. AIP Conference Proceedings, 1977(June 2018). https://doi.org/10.1063/1.5042862
Eka Febriyanti, E. (2015). Optimasi Proses Pelapisan Anodisasi Keras Pada Paduan Aluminium. Metalurgi, 26(2), 109. https://doi.org/10.14203/metalurgi.v26i2.15
Hardiyansyah, M., Syafa’at, I., & Dzulfikar. (2021). Analisis Tegangan, Defleksi, Dan Faktor Keamanan Pada Pemodelan Footrest Sepeda Motor Y Dengan Aplikasi Autodesk Inventor Berbasis Simulasi Elemen Hingga. Jurnal Ilmiah Cendekia Eksakta, 2, 7–14.
Hermawan, H., Mulyaningsih, N., & Pramono, C. (2017). Pengaruh Kuat Arus Pada Proses Anodizing Terhadap Karakteristik Velg Mobil Merk Bsa. Journal of Mechanical Engineering, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.31002/jom.v1i1.372
Mulyaningsih, N., & Tidarriano, B. B. (2020). Estimated corrosion resistance of nickel-plated fuel tanks on RON 92 and RON 90 fuels. Journal of Physics: Conference Series, 1517(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1517/1/012014
Muzaki, M., Mashudi, I., Fakhruddin, M., Anwar, A. M., Paranata, R. A. N., & Wiganata, G. (2022). Analisis Pengaruh Variasi Beda Potensial dan Waktu Proses Anodizing terhadap Karakteristik Lapisan Oksida Aluminium 6061. Jurnal Rekayasa Mesin, 17(1), 59. https://doi.org/10.32497/jrm.v17i1.3020
Pamungkas, R. S., Salahudin, X., Mulyaningsih, N., Mesin, J. T., Teknik, F., Tidar, U., Mesin, J. T., Teknik, F., Tidar, U., Mesin, J. T., Teknik, F., & Tidar, U. (n.d.). Pengaruh Variasi Waktu Anodizing Terhadap Karakteristik Velg Racing Merk Sprint. 2(x), 41–47.
Pratama, A. A. (2016). Studi pengerasan regangan (strain hardening) pada foot step sepeda motor produk asli dan produk imitasi (lokal).
Safitri, P. M., & dkk. (2018). Perancangan Footrest Stairs dan Scissor Lift Table di Area Mesin CNC Bor Melalui Pendekatan Ergonomi dengan Metode Posture Evaluation Index ( PEI ) di PT Pindad ( Persero ) Bandung. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 16(2), 122–129.
Setyaningsih, L., Anna, B., & Purbasari, A. (2016). Perancangan Footrest Untuk Mengurangi Kelelahan Operator Pada Bagian Kaki Di Cell S/a Coil Xs156 Di Pt.Abc. Jurnal PASTI, 10(2), 126–137. http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/
Syafa’at, I., Darmanto, & Priyanto, E. (2016). Studi optimasi faktor keamanan footrest sepeda motor x berbasis simulasi elemen hingga. Momentum, 12(2), 53–57.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Majamecha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel di jurnal ini dapat disebarluaskan dengan tetap mencamtumkan sumber yang sah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap naskah yang diplubikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab penulis.