Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Bukti Fisik dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen pada Zona Fitnes Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.36815/bisman.v7i2.3216Keywords:
interpersonal communication, physical evidence, consumer satisfaction, consumer loyaltyAbstract
Consumer satisfaction and consumer loyalty are the hopes of every product and service provider. For service providers, interpersonal communication factors and physical evidence are two things that cannot be separated. Through interpersonal communication, service providers can fulfill the information desires that consumers need. Physical evidence is a factor that can be directly felt by potential consumers because potential consumers can see real physical things, namely the building or room, cleanliness and appearance of employees before they decide to become consumers. The aim of this research is to determine and test consumer loyalty (Y) which is influenced by interpersonal communication (X1), physical evidence (X2) and consumer satisfaction (Z) as intervening variables. This type of research is quantitative with data collection in the form of questionnaires from 100 respondents. The data processing tool uses smart PLS version 4.0. The research results show that 1) Interpersonal communication (X1) influences consumer satisfaction (Z) Zona Fitnes Mojokerto 2) Physical evidence (X2) influences consumer satisfaction (Z) Zona Fitnes Mojokerto 3) Interpersonal communication (X1) influences consumer loyalty (Y) Zona Fitnes Mojokerto 4) Physical evidence (X2) has an effect on consumer loyalty (Y) Zona Fitnes Mojokerto 5) Consumer satisfaction (Z) has an effect on consumer loyalty (Y) Zona Fitnes Mojokerto 6) Interpersonal communication (X1) has no effect on loyalty consumers (Y) Zona Fitnes Mojokerto with consumer satisfaction (Z) as an intervening variable 7) Physical evidence (X2) has no effect on consumer loyalty (Y) Zona Fitnes Mojokerto with consumer satisfaction (Z) as an intervening variable.
References
Andhiyan, Nanang dan Kridaningsih, Anna. 2023. Metode Penelitian Manajemen & Bisnis. Sukabumi: Haura Utama.
Astina, Made Arya, dkk. 2023. Analisis Variabel Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy Pada Departemen Front Office Guna Peningkatan Kepuasan Pelanggan di Harris Hotel Denpasar. Jurnal Manajemen Dirgantara Vol. 16 No. 1.
Benedica, Eden. 2019. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepuasan Pelanggan Department Store Matahari Cabang Rawamangun Jakarta. JDP Volume 12, Nomor 3.
Handayani, Mediana dan Pandanwangi, Elisa. 2021. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, Vol. 1, No. 1.
Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant
Mira, dkk.2020. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan (Pada Dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangible) Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi. Volume 1 Nomor 1.
Santoso, Budi. 2016. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen Pada Hotel Tanjung Asri Banyuwangi. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol. 2 No. 2.
Sunardiyah, Fina dkk. 2022. Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Kampanye Sosial Media, dan Citra Organisasi terhadap Kepuasan Konsumen di Bea Cukai Surakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 20, No. 2.
Weningtyas, Enggarayu dan Suseno, Miftahun Ni’mah. 2012. Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Psikologika Volume 17 Nomor 1.
Widodo, J. 2012. Studi Deskriptif Kepuasan Mahasiswa terhadap Kinerja Lembaga Program Studi dan Pasca Sarjana Unnes. Jurnal Dinamika Manajemen. 3 (2).
Wildani, Akromul Ilma. 2016. Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Kereta Api (Studi Kasus Pada Pelanggan Kereta Api Matarmaja Kelas Ekonomi Malang-Jakarta). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Vol.4 No.1
Yunaji, Aisyah Putri dan Dwiridotjahjono, Jojok. 2023. Pengaruh Persepsi Kualitas dan Citra Merek terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Pop Mie di Rungkut, Surabaya). Management Studies and Entrepreneurship Journal. Vol. 4(5).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Semua Informasi yang terdapat di Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management bersifat akademik. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.