Perencanaan Strategi Pemasaran Melalui Metode SWOT dan BCG pada LBB Sony Sugema College Mojosari
Keywords:
Strategi Pemasaran, analisis SWOT, matrik BCGAbstract
Sony Sugema College adalah sebuah lembaga bimbingan belajar nasional yang berada di Mojosari. Dalam disiplin ilmu pemasaran, lembaga pendidikan merupakan institusi yang menawarkan produk dalam kategori jasa, yaitu jasa pendidikan. Dari permasalahan yang ada yakni perkembangan peserta didik di LBB Sony Sugema College (SSC) Cabang Mojosari dari tahun 2011 sampai 2016 mengalami penurunan. Maka perlu dilakukan penelitian dengan menggunaan alat analisis SWOT untuk merumuskan strategi pemasaran berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman LBB SSC Mojosari, dan analisis Matrik Boston Consulting Group (BCG) untuk mengetahui posisi LBB SSC Mojosari dari tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang di kuantitatifkan. Pada penelitian ini menggunakan data primer karena peneliti mengumpulkan sendiri data-data yang dibutuhkan yang bersumber langsung dari objek pertama yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data didapat dari hasil observasi, wawancara dan hasil kuesioner. Sedangkan untuk populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang berhubungan langsung dengan SSC Mojosari yang meliputi karyawan/manajemen, tentor (pengajar), siswa/i yang mengikuti bimbingan belajar di SSC Mojosari yang bertindak sebagai konsumen. Dalam hal ini jumlah sampel yang yang menjadi responden adalah 31 orang.
Dari hasil analisis dan pembahasan diperoleh nilai IFAS adalah 3,15 dan EFAS 2,98, sehingga diketahui bahwa posisi LBB SSC Mojosari dalam diagram SWOT adalah Growth (Perkembangan), yaitu menggunakan strategi SO (Strength Opportunies), berupa meningkatkan kekuatan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Sedangkan dari perhitungan mtrik BCG diperoleh Tingkat Pertumbuhan Pasar (TPP) adalah 12% dan pangsa pasar relatif sebesar 0,31x. Hal ini menunjukkan bahwa LBB SSC Mojosari berada pada posisi Tanda Tanya (Question Mark), dimana kondisi LBB SSC Mojosari menghadapi masalah pangsa pasar yang rendah dan akan tetapi dalam kondisi pertumbuhan pasar yang tinggi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Semua Informasi yang terdapat di Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management bersifat akademik. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.