The Effect Of Healthy Lifestyle And Word Of Mouth On Purchase Decision Supplement Product Post Pandemic Covid 19

Authors

  • Shalahuddin STIE Isti Ekatana Upaweda, Yogyakarta
  • Lalu Supardin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Diana Leli Indratno STIE Isti Ekatana Upaweda, Yogyakarta
  • Heru Kuncorowati STIE Isti Ekatana Upaweda, Yogyakarta
  • Heru Noor Rokhmawati STIE Solusi Bisnis Indonesia, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37112/bisman.v5i3.2297

Keywords:

Healthy Lifestyle, Word Of Mouth, Purchase Decision

Abstract

This study aims to examine the effect of healthy lifestyle and word of mouth on purchase decision supplement product post pandemic Covid-19. The number of respondents in this study were 100 respondents. Sampling was done by purposive sampling technique. This study uses multiple linear regression analysis technique with SPSS as an analytical tool. The results of multiple linear regression test indicate that: (1) Healthy lifestyle partially has a significant effect on purchase decision supplement product post pandemic pandemic Covid-19 at Yogyakarta. (2) Word of mouth partially has a significant effect on purchase decision supplement product post pandemic pandemic Covid-19 at Yogyakarta. (3) Healthy lifestyle and word of mouth simultaneously have a significant effect on purchase decision supplement product post pandemic pandemic Covid-19 at Yogyakarta

References

Adiningtias, I., & Fadili, D. A. (2022). Pengaruh Store Atmosphere dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Restoran Bebek Tepi Empang Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi). Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum, 6(1), 27-35.

Agustina, A. A. F., & Budiarti, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Dimediasi Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hammer Clothing Store. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 11(4).

Astuti, R., & Hasbi, M. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pada Situasi Covid 19 Di Kota Medan. In Scenario (Seminar of Social Sciences Engineering and Humaniora) (pp. 127-135).

Bakti, U., & Setiawan, R. (2021). Pengaruh Harga, Personal Selling, Kualitas Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Motor Pada Dealer Pt. Yamaha Putera Langkapura. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(1), 1-16.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Badan Peneribit Universitas Diponegoro.

Hakim, L., & Pambudi, B. S. (2021). Pengaruh Promosi Online Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Ud. Bintang Sembilan). Competence: Journal of Management Studies, 15(2), 204-214.

Helmi, S., Ariana, S., Supardin, L. (2022). The Role Of Brand Image As A Mediation Of The Effect Of Advertising And Sales Promotion On Customer Purchase Decision. Journal of Economics and Sustainable Development 13 (8), 90-99.

Indratno, D. L., Supardin. L., Wiranto. E. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Matahari. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1).

Jati, E. P. W., Mursito, B., & Marwarti, F. S. (2022). Keputusan Pembelian Merek Sepeda Polygon Ditinjau Dari, Gaya Hidup Sehat, Kualitas Produk Dan Brand Image (Studi Kasus Di Surakarta). Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 526-539.

Jecky, J., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Iklan Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Prologia, 5(2), 307-312.

Paat, L. M. M., Moniharapon, S., & Rogi, M. (2022). Pengaruh Fasilitas, Word Of Mouth, Kelompok Referensi, Gaya Hidup Sehat Dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pemilihan Tempat Berolahraga Pada Generasi Milenial Di Gpi Futsal Dan Sport Center Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 1566-1577.

Puspasari, P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Gaya Hidup Sehat, Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Susu Bear Brand. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 104-112.

Kusnadi, A. H., Siregar, M. Y., & Pribadi, T. (2021). Pengaruh Product Involvement Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Asal Korea Merek Etude The House. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 2(2), 96-103.

Kotler, Philip dan Keller, Levin. L. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2, Jakarta : Erlangga.

Liswandany, F., Supriyono, S., & Fitriyah, Z. (2022). Pengaruh Lokasi dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Dolan Kopi Surabaya. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 71-80.

Lutfi, F. Z., & Baehaqi, M. (2022). Pengaruh Healty Lifestyle, Perceived Quality dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Jenis Roadbike Merk Polygon: Studi pada Pengguna Sepeda Jenis Roadbike Merk Polygon di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 4(4), 462-478.

Megananda, F., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Sehat Dan Citra Merek Terhadap Preferensi Konsumen Minuman Rtd (Ready To Drink) Di Kalangan Mahasiswa Kampus U Nesa Ketintang (Case: Coca= Cola Zero Sugar & Teh Botol Sosro Tawar). Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1613-1622.

Muhiban, A., & Putri, E. K. (2022). Pengaruh Tampilan Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-commerce Shopee (Studi Kasus Konsumen Shopee di PT. Gucci Ratu Textile Kota Cimahi). Jurnal EMT KITA, 6(2), 249-266.

Nuriyah, S., & Surianto, M. A. (2022). Pengaruh Citra Toko, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Toko Bening Bungah. Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan, 2(1), 61-68.

Paat, L. M. M., Moniharapon, S., & Rogi, M. (2022). Pengaruh Fasilitas, Word Of Mouth, Kelompok Referensi, Gaya Hidup Sehat Dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pemilihan Tempat Berolahraga Pada Generasi Milenial Di Gpi Futsal Dan Sport Center Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 1566-1577.

Pahesti, A. D. L., & Rahmawan, G. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Lipat Di Masa Pandemi. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(06), 83-97.

Rachmah, S. A., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Storytelling Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Café Kisah Manis Jalan Sunda di Kota Bandung melalui Content Marketing Creator TikTok. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 48-60.

Rokhmawati, HN., Kuncorowati, H, Supardin, L. (2022). Pengaruh Harga, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Honda Scoopy di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Hospitality 11 (1), 515-525

Supardin, L., & Dharasta, Y. S. M. A. (2022). The Effect of Electronic Word of Mouth and Price on Purchase Decision Mie Ayam Bu Tumini at Yogyakarta. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 5(2), 324-335.

Supardin, L. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal. JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 71-82.

Supardin, L., Handayani, S, D., Widowati, R. (2018). The Influence Of Advertisement Perception And Celebrity Endorser Towards Purchase Decision Thought Brand Image As Mediator. International Journal of Business Quantitave Economics and Applied Management Research, 4 (10).

Sjukun, S., Supardin, L., & Taufik, Y. (2022). The Effect Of Price And Promotion On Purchase Decision At Bakpia Kurnia Sari. Penanomics: International Journal of Economics, 1(2), 223-230.

Triyono, A., & Susanti, D. N. (2021). Pengaruh Word of Mouth, Healthy Lifestyle, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merek Polygon di Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(3), 484-494.

Downloads

Published

2022-11-17