Analisis SWOT dan BSC pada CV. Dua Putra

Authors

  • Ajeng Lestyarindi Universitas Islam Majapahit
  • Mohammad Syamsul Hidayat Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Analisis SWOT, BSC dan Strategi Pemsaran

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul Analisis SWOT dan BSC pada CV. Dua Putra. Penelitian dilakukan pada CV. Dua Putra, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang sepatu. Penulis ini melakukan penyebaran kuesioner dan mengumpulkan data dengan bantuan pihat dari perusahaan. Setelah data terkumpul penulis mulai menganalisis dan mengukur kinerja perusahaan dengan mengacu pada referensi Balanced Scorecard dan analisis SWOT. Peneliti bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dan posisi perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT yaitu dengan mengidentifikasi berbagai faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) yang kemudian dirumuskan dengan Diagram SWOT, Matris SWOT. Sedangkan dari Balanced Scorecard bisa diukur dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dari hasil analisis pada Diagram SWOT perusahaan masuk dalam kuadran 1, kuadran ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Perusahan tersebut memiliki kekuatan yang dapat digunakan untuk memanfaatkan peluang yang ada diantaranya kualitas produk dan harga yang terjangkau oleh konsumen. Sedangkan hasil dari Balanced Scorecard, perspektif keuangan perusahaan mengalami kenaikan setiap tahunnya, perspektif pelanggan perusahaan sangat baik, perspektif proses bisnis internal perusahaan cukup baik hanya saja masih ada produk yang cacat, dan untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan perusahaan sudah baik.

Kata Kunci : Analisis SWOT, BSC dan Strategi Pemsaran

References

Gaspersz, V., 2011, Ekonomi Manajerial, Vinchristo, Bogor.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi Lima). Semarang : Universitas Diponegoro.

Muchlisin Riadi, Manajemen SWOT, 12 juni 2013, Pkl 18.30 WIB. diakses dari internet http://www.kajianpustaka.com.

Rais , Sasli, dan Wahkyudin. (2009). Pengembangan Pegadaian Syariah di Indonesia dengan analisis SWOT. Jurnal Pengembangan Bisnis dan Manajemen STIE PBM, vol.IX no. 14 April 2009.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Cetakan Ke-20. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Suharno & Yudi Sutarso. (2010). Marketing in Practice. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta.

Rai Utami,I.G. Bagus dan Eka Mahadewi, N. M (2012). Metode Penelitian Pariwisata dan Perhotelan. Yogyakarta. Penerbit: CV. Andi OFFSET
.
Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Tehnik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pusta Utama.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif R&B. Badung: Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif R&B. Badung: Alfabeta.

Luis, Suwardi., & Prima A, Biromo, 2007. Step by step in Cascanding Balenced Scorecard to Functional Balenced Scorecard, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hamdi, A.S & Baharudin, E, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan, Yogykarta: CV. Budi Utama.

Downloads

Published

2018-10-26