Pengaruh Diferensiasi Produk, Word of Mouth dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian

(Studi pada CV. Eka Karunia Motor Lamongan)

Authors

  • Awaliansyah Ilham Ramadhani Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Lamongan
  • Indira Shofia Maulida Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Lamongan
  • Ike Susanti Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Lamongan
  • Sutinem Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.36815/bisman.v7i1.3197

Keywords:

Product Differentiation, Electronic Word of Mouth, Brand Awareness , consumer attitudes and purchasing decisions

Abstract

This study aims to analyze and test the effect of product differentiation, word of mouth and brand awareness on purchasing decisions for Honda motorbikes at CV. Eka Karunia Motor Lamongan. This research uses quantitative methods. The population in this study were consumers of CV. Eka Karunia Motor. The sampling method used in this study was purposive sampling of 100 respondents. The data analysis method used in this study is multiple linear regression analysis, with the help of SPSS version 23. The results of this study indicate that the variables of product differentiation, word of mouth and brand awareness partially have a positive and significant effect on purchasing decisions. And the variables of product differentiation, word of mouth and brand awareness simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions. And the product differentiation variable has the most dominant effect on purchasing decisions for Honda motorbikes at CV. Eka Karunia Motor Lamongan.

References

Ariadi, A., Yusniar, M. W., & Rifani, A. (2019). PENGARUH BRAND AWARENESS , BRAND LOYALTY , PERCEIVED QUALITY , BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Konsumen Sepeda Motor Matic Honda Scoopy Pada Dealer Honda Di Kota Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 7(3), 252–268.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50.

Bakti, U., Hairudin, H., & Setiawan, R. (2021). PENGARUH HARGA, PERSONAL SELLING, KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR PADA DEALER PT. YAMAHA PUTERA LANGKAPURA. JCI Jurnal Cakrawala Indonesia, 1(1), 1–16.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang?: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, I. (2017). Teori, Konsep dan Aplikasi IBM SPSS 24. Semarang?: Badan Penerbit-Undip.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Habir, H., Zahara, Z., & Farid. (2018). PENGARUH CITRA MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA. JURNAL ILMU MANAJEMEN UNIVERSITAS TADULAKO, 4(3), 211–218.

Harapan, R. A. (2023). Pengaruh Selera Konsumen Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Paluta. UINi Syekh Ali Hasan Addary.

Hidayat, R. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Coffee Shop Kelokopi dengan SWOT Analysis dan Boston Consulting Group (BCG). https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/21310

Imanda, R. A. (2023). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Industri Rumah Tangga 2R). Universitas Muhamadiyah Lamongan.

Joesyiana, K. (2018). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MEDIA ONLINE SHOP SHOPEE DI PEKANBARU ( Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau ). Valuta, 4(1), 71–85.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Marketing (Edisi Ke T). Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Jilid 1). Erlangga, Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran (Edisi Keti). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (Edisi 12.). Jakarta, PT Indeks.

Nurzaini, Y., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek, Preferensi Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 1–11.

Pariski, E. (2020). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota di PT. Toyota Perintis Gagak Hitam Medan. Universitas Medan Area.

Prayitno, B. B., & Widyawati, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Yamaha R15. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(2), 1–21. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/838

Putra, R. E., & Yanti, S. (2022). The Influence of Brand Image, Lifestyle and Word of Mouth (WOM) on Purchasing Decisions for N-Max Motorbikes. Zona Manajerial: Program Studi Manajemen (S1) Universitas Batam, 12(1), 16–23.

Rahman, M., & Suhayani, N. (2020). Analisis Differensiasi Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Sepeda Motor Merek Yamaha Mio di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 227–236. https://doi.org/10.33059/jseb.v11i2.2195

Rauf, A. (2018). ANALISIS PENGARUH DIFERENSIASI, PROMOSI DAN POSITIONING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pelanggan Sepeda Motor Merek Honda di Kota Tangerang). Jurnal Manajemen Bisnis, 71(1), 15–23. non-dwnldmngr-download-dont-retry2download

Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., Sukanteri, N. P., Putri, S. E., Gheta, A. P. K., Wardhana, A., Nugraha, K. S. W., Hendrayani, E., Susanto, P. C., Primasanti, Y., & Ulfah, M. (2022). BRAND MARKETING: THE ART OF BRANDING (A. Sudirman (ed.)). Media Sains Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung?: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung?: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung?: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung?: Alfabeta.

Wahyuddin MH, M. (2022). Pengaruh Periklanan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Pada UD. Maju Unaaha. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(2), 209–218. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i2.303

Wibowo, D. G. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, KESADARAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSANPEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT (Studi Kasus Pembelian Sepeda Motor Di Dealer Tunas Jaya Motor Magelang). Universitas Muhammadiyah Magelang.

Yohana, I., Yulasmi, & Lusiana. (2022). Brand Awareness, Perceived Quality, Celebrity Endorser dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Business and Economics (JBE) UPI YPTK, 7(3), 446–451. https://doi.org/10.35134/jbeupiyptk.v7i3.195

Yuvira, I. A. (2020). Pengaruh Harga Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fupada Suzuki Sunindo Cabang Amplas Medan. Universitas Medan Area

Downloads

Published

2024-03-31