Implementation of the Moyo Festival on Increasing the Regional Original Income of the Sumbawa District

Authors

  • Fathnun Imamah Universitas Nahdlatul Wathan, Mataram
  • Didin Hadi Saputra Universitas Nahdlatul Wathan, Mataram

Keywords:

Festival Moyo, PAD, Pajak dan Retribusi

Abstract

Festival Moyo merupakan salah satu program visit Lombok Sumbawa. Tujuan di adakannya festival ini sebagai ajang promosi destinasi wisata dan budaya sekaligus menarik wisatawan agar mengenal lebih dekat dengan pulau Sumbawa. Festival Moyo selalu dimeriahkan dengan parade budaya yang menampilkan berbagai warisan seni dan budaya masyarakat adat Sumbawa dan setiap tahunnya selalu hadir dengan tema yang berbeda-beda. Lokasi penelitian akan dilakukan di Kabupaten Sumbawa. Pemilihan lokasi penelitian didasarkan pada pertimbangan bahwa lokasi atau tempat tersebut memungkinkan untuk memperoleh data atau informasi yang relevan dan akurat. Hasil dari penelitian ini, ada pengaruh positif dan tidak signifikan secara parsial penerimaan pajak restoran terhadap pengaruh pelaksanaan festival moyo terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Sumbawa Tahun 2013-2017. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Pasal 1 angka 22 dan 23, pajak restoran adalah pajak atas pelayanan yang disediakan oleh restoran.

References

Hadi, Nurul. 2008. Optimalisasi Penerimaan Retribusi Daerah dan Pajaknya Terhadap PAD di Kota Depok.Universitas Islam Negeri Jakarta Syarif Hidayatullah Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial.
Indra Widhi, Ardhiyansyah. 2005. Analisis Kontribusi Pajak Hotel dan Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sumbawa.Universitas Islam Indonesia Fakultas Ekonomi Yogyakarta.
Mayasari, Dian. 2007. Kontribusi Penerimaan Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Analisis Terhadap Kabupaten Kabupaten Sumbawa). Fakultas Ekonomi.
Siregar, Iskandar. 2006. Analisis Perkembangan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sumbawa. Perpustakaan Universitas Indonesia-Tesis S2.http://www.digilib.ui.edu/opac/themes/libri2/detail.jsp?id=78117&lokasi=.
Ulfah. 2007. Analisis Pengaruh Penerimaan Pajak Reklame dan Hotel Terhadap PAD Di Kabupaten Sumbawa. Ekonomi dan IlmuSosial,
http://www.negarahukum.com/hukum/pendapatan-asli-daerah.html di akses tanggal 3 April 2018 jam 21:10
https://www.kabarsumbawa.com/2017/09/12/festival-pesona-moyo-untuk-kembangkan--pariwisata-sumbawa di akses tanggal 26 Maret 2018 jam 20:42

Published

2019-02-08