Pengaruh Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online (E-Commerce) Lazada di Kota Mojokerto

  • Eny Setyariningsih Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Majapahit

Abstract

Lazada.co.id merupakan portal bisnis e-commerce yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak, perlengkapan lainya. E-commerceLazada menghadirkan program pemasaran dimasa kemuadahan tehnologi informasi dengan cara  membeli barang secara online, layaknya konsumen melakukan belanja untuk memenuhi di shopping center atau pasar nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya hidup dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian Online (E-commerce) Lazada di Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif.  Populasi dalam penelitian ini masyarakat pengguna E-commerce  yang pernah berbelanja di Lazada. Sampel yang digunakan adalah berdasarkan persentase dari populasi dan diambil sebanyak 91 responden. Purposive Sampling merupakan tehnik pengambilan sampel yang di gunakan yang mendasarkan beberapa kriteria dari masyarakat pengguna E-Commerce Lazada sebagai anggota sampel.


Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Gaya hidup berpengaruh secara parsial dan besar terhadap keputuasan masyarakat dalam belanja secara ol line menunjukkan angka t hitung dari gaya hidup 0,491 dengan signifikasi 0,000 yang kuang dari 0,05 (2) Kepercayaan tidak berpengaruh  secara parsial terhadap perilaku pembelian dengan nilai t-hitung dari kepercayaan adalah 0,172 dengan signifikasi 0,088 yang dari 0,05 artinya bahwa variabel kepercayaan tidak  besar pengaruhnya terhadap keputusan masyarakat dalam berbrlanja  online di Lazada. (3) Gaya Hidup dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku pembelian dengan tingkat signifikansinya 0,001 yang kurang dari 0,05. (4) Besarnya pengaruh gaya hidup  dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian terlihat dari nilai R square adalah sebesar 35,5%.

References

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
--------------------. 2007. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Empat. Badan. Penerbit Universitas diponegoro. Semarang.
Handayani, S. P., & Purnama, B. E. 2013. Pembuatan Website E-Commerce pada Distro Java Trend. Seminar Riset Nasional Informatika dan Komputer, 19
Harmani. 2008. Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja di Pasar Turi Baru Surabaya.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 2, Edisi Kedelapan, Jakarta, Erlangga.
Mahkota, Andy Putra dkk. 2014. Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride Inc. Jurnal : Universitas Brawijaya Malang
Mandey, Silvya L. 2009. Pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Tenaga pengajar fakultas Ekonomi Unsrat.
Peppers, Don and Martha Rogers. 2004. Managing Customer Relationships: A Strategic Framework, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogya : Andi.
Published
2019-08-20
How to Cite
SETYARININGSIH, Eny. Pengaruh Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online (E-Commerce) Lazada di Kota Mojokerto. Bisman (Bisnis & Manajemen): The Journal of Business and Management, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 150-164, aug. 2019. ISSN 2614-6592. Available at: <http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/bisman/article/view/447>. Date accessed: 17 oct. 2019.
Section
Articles