Pemanfaatan Software Microsoft Mathematics dalam Pembelajaran Matriks

Authors

  • Suesthi Rahayuningsih Universitas Islam Majapahit Mojokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36815/majamath.v1i1.147

Keywords:

Microsoft Mathematics, Matrix

Abstract

Matriks merupakan sub materi pelajaran matematika yang wajib dikuasai siswa. Matriks secara  umum  akan  melibatkan  angka-angka  atau  aljabar  yang  disusun  dalam  entri-entri tertentu (letaknya  pada  baris  dan  kolom  ke-(?,?)).Dalam  menyelesaikan  soal  mengenai operasi matriks sebenarnya bukanlah halyang sulit untuk diselesaikan,hanya saja untuk mengoperasikan   matriks   ada   beberapa   konsep   lain   yang   harusdipahami.   Namun, kenyataan di lapangan yang terjadi bahwa masih banyak siswayang belum menguasai sub materi ini,dikarenakan kurangnya pemahamansiswa tentang konsep yang digunakan untuk mengoperasikan  matriks. Sebagai  salah  satu  alternatif  untuk  mengatasi  hal  itu  maka diperkenalkan penggunaan softwareMicrosoft mathematics dalam proses belajar mengajar pada  pembelajaran  matriks.  Dengan  demikian  diharapkan  dapat  memberikan  motivasi untuk  belajar  matriksdengan  cara  yang  tidak  membosankan  yang  pada  akhirnya  dapat meningkatkan  hasil  belajarsiswa  terhadap  materitersebut.  Penelitian  ini  baru  sebatas kajian teori dan belum diimplementasikan.

References

Heinich, Molenda & Russel.1985.Instructional Media and The New Technological of Instruction. New York: Mac Millan.
Hernawati, Kuswari. 2009. Pembelajaran Aljabar Linier dengan Perangkat Lunak Bantu Microsoft Math. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Pembelajaran%20Aljb%20linear.pdf

Hernawati, Kuswari. 2012. Menggambar grafik dengan microsoft mathematic 4. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/p engabdian/kuswari-hernawati-ssimkom/menggambar-grafik-2d-denganmicrosoft-math.pdf.

Nugroho, Tri Adi.2014.Analisis Tipe – Tipe Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Matriks Kelas X Smk Prawira Marta Kartasura. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wright, David. 1995. Mathematics, pedagogy and ICT. Didownload dari www.ecls.ncl.ac.uk/publications/Clark%5EDavidWrightMathematics%20and%20ICT.ppt

Wulandari, Q.D.C.A.2016.Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas X MAN Trenggalek Tahun 2015/2016. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Downloads

Published

2018-03-30

Most read articles by the same author(s)