High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Grup

Authors

  • Suesthi Rahayuningsih Universitas Islam Majapahit
  • Rani Jayanti Universitas Islam Majapahit

Keywords:

High Order Thinking Skills, Masalah Grup

Abstract

Salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur high order thinking skills (HOTS) mahasiswa dengan melakukan evaluasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skills (HOTS) pada mata kuliah teori grup. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik analisis isi. Penelitian ini melibatkan 18 mahasiswa program studi pendidikan Matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM) dan 22 mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya). Analisis data dilakukan dengan indikator soal high order thinking skills (HOTS) yang terdiri atas level analisis, evaluasi, dan mencipta. Hasil penelitian diperoleh bahwa dari 18 mahasiswa program studi pendidikan matematika UNIM, sebanyak 4 mahasiswa memiliki HOTS tinggi, 11 mahasiswa memiliki HOTS sedang, dan 3 mahasiswa memiliki HOTS rendah. Sedangkan dari  22 mahasiswa program studi pendidikan matematika UM Surabaya, sebanyak 2 mahasiswa memiliki HOTS tinggi, 17 mahasiswa memiliki HOTS sedang, dan 3 mahasiswa memiliki HOTS rendah. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki penguasaan aspek-aspek HOTS dalam memecahkan masalah grup tetapi belum merata.

References

Agung, J.2018. Higher Order Thinking Skill Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar Grup. Publikasi Ilmiah Hasil Skripsi.Surakarta:Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayati, D. N. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Newman pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Heong, Y. M., Yunos, J. Md., Othman, W., Hassan, R., Kiong, T. T., and Mohaffyza, M. 2012. The need analysis of learning higher order thinking skills for generating ideas. Elsevier Procedia Social and Behavioral science 59 (2012) 197-203

Heong,Y.M.,Othman,W.D.,Md Yunos, J.,Kiong,T.T.,Hassan,R.,&Mohamad, M.M.2011.The Level Of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Student.International Journal Of Social And Humanity, Vol. 1(2) July, 2011: 121-125.

Lewis, A and Smith, D. (1993). Defining High Order Thingking Theory Into Practice Collage of Education. Ohio: The Ohio State University.

Purwanto, M.N.G.2013.Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Cetakan kedelapan belas. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Setiawati, S. 2019. Analisis Higher Order Thinking Skills (Hots) Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI.

Yuniati, S.2013. Peta Konsep (mind Mapping) dalam Pembelajaran Struktur Aljabar. Gamatika:Jurnal Gagasan Matematika dan Informatika,3(2), 129-139. Desmita, 2009.Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya

Downloads

Published

2019-09-05