Profil Kemampuan Komunikasi Matematika Tertulis Siswa MA dalam Memecahkan Masalah Permutasi Ditinjau dari Perbedaan Gender

Authors

  • Ratna Dwi Lestari Universitas Islam Majapahit
  • Suesthi Rahayuningsih Universitas Islam Majapahit
  • Hari Joko Wiyono Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Profil, Kemampuan Komunikasi Matematika Tertulis, Pemecahan Masalah, Gender

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematika tertulis siswa MA laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah permutasi. Penelitian ini dilaksanaan pada tahun ajaran 2016/2017 di MA Al- Mustofa Canggu, Mojokerto. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa kelas XI IPA yang meliputi 1 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki dengan mempertimbangkan perbedaan jenis kelamin, tingkah laku selama di sekolah dan mempunyai kemampuan matematika yang setara. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi waktu dengan tes pemecahan masalah dan wawancara. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika tertulis siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam memecahkan masalah permutasi. Perbedaan muncul pada aspek kelengkapan dalam tahap menyusun rencana penyelesaian. Sedangkan dalam aspek keakuratan dan kelancaran pada tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan meninjau kembali  tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

References

Arends, Richard I. 2013. Belajar Untuk Mengajar (Learning To Teach). Jakarta: Salemba Humanika.
Arkham, Hanni Pratiwi. 2014. Penalaran Adaptif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bangun Ruang Di Smp Negeri 4 Surabaya Berdasarkan Perbedaan Gender. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 22 tahun 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Dewi, Izwita. 2014. Profil Keakuratan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Ditinjau dari Perbedaan Jender. Jurnal Didaktik Matematika Jurusan Matematika Universitas Negeri Medan.ISSN: 2355-4185, Vol. 1. No. 2 September 2014, hal 1-12.
Haji, Saleh. 2012. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Kota Bengkulu. Jurnal Exacta Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Bengkulu . ISSN 1412-3617, Vol. X. No. 2 Desember 2012, hal 115.
Polya, G .1957. How to Solve it. A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey : Princeton University Press.
Prayitno, Sudi dkk. 2013. Komunikasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ” Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik". Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. 9 November.
Siswono, Tatag Y.E.2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiarto, Hendrik & Mega Teguh Budiarto. 2014. Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Volume 3 No. 3 Tahun 2014, hal 1-5.
Umar, Wahid. 2012. Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. ISSN 2089-6867, Vol 1. No.1 Februari 2012, hal 1-9.
Wardani, Azisah Kurnia. 2014. Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. ISSN: 2337-8166, Vol. 2 No.1, Maret 2014, hal 99-108.

Downloads

Published

2019-03-23

Most read articles by the same author(s)