Analisis Pengembangan Usaha UD. Asal Lancar Sidoarjo

Authors

  • Budi Utami Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Analisa kelayakan usaha, Profitability Index (PI), Payback Period (PP), volume penjualan, penentuan harga jual

Abstract

ABSTRAK

  1. Asal Lancar adalah suatu usaha yang memproduksi tahu putih, tahu kuning, dan tahu sumedang. Usaha ini beralamat di Dusun Areng-Areng Desa Klagen Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo.. Permintaaan pasar yang meningkat membuat UD Asal Lancar ini berencana mengembangkan usahanya.. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa kelayakan rencana pengembangan pabrik tahu UD. Asal Lancar ditinjau dari aspek keuangan dan pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Aspek keuangan menggunakan metode Profitability Index (PI) dan Payback Period (PP). Aspek pemasaran ditinjau dari volume penjualan dan penentuan harga jual. Dari penghitungan didapatkan nilai Profitability Index (PI) positif sebesar 3,89 %. Hal ini berarti proyek dikatakan menguntungkan, karena nilai (PI) > 1. Sedangkan nilai Payback Period (PP) sebesar 1,59 tahun atau  ≤ 10 tahun artinya lebih pendek waktunya dari maximum payback periodnya (10 tahun), berarti usulan investasi dapat diterima.   Prediksi permintaan  pada tahun pertama sebesar 19093 jirangan atau Rp. 2.100.230.000  dengan nilai investasi awal  Rp. 672.000.000 maka terdapat keuntungan sebesar 1.428.230.000. Biaya pokok produksi tahu Rp 83,162/ jirangan, sedangkan harga jual ditetapkan Rp. 105,000/jirangan. Maka besar nilai ratio yang didapat adalah 0.80 atau ≤ 1 maka berarti perusahaan mendapatkan keuntungan. Dengan asumsi harga penjualan dan biaya pokok tidak berubah selama umur proyek (10 tahun).

Kata kunci :  Analisa kelayakan usaha, Profitability Index (PI), Payback Period (PP), volume penjualan, penentuan harga jual

References

DAFTAR PUSTAKA

Adi, Rianto, 2012, Metodologi penelitian Sosial dan Hukum, Granit, Ed. Kedua.

Ahmad Subagyo. 2013. Marketing In Busines. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Anoraga, P. & J. Sudantoko. 2012. Koperasi, Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Boarden, W.O. dkk. 2011. Marketing Principles and Perspective. New York: Mc Graw Hill.

Haming, M & Salim Basalamah. 2013. Studi Kelayakan Investasi: proyek dan bisnis. Jakarta: PPM.

Hawkins, Best & Coney. 2011. Pemasaran, Buku Satu, penerbit salemba empat, Jakarta.

Ibrahim, M.Y. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Kardinata, A. 2011. Akuntansi dan Analisis Biaya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kasmir & Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana.

Kotler, P dan Gary Amstrong. 2014. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 9. Alih Bahasa; Alexander Sindoro. PT Indeks, Jakarta.

Marwan Asri. 2011. Anggaran Perusahaan, Buku 1, Penerbit BPFE Yogyakarta.

Nurhayati. 2014. Dasar-Dasar Pembelajaan Perusahaan, edisi keempat, cetakan ketujuh. Yogyakarta: BPFE.

Nurmalina R, Sarianti T, Karyadi A. 2011. Studi Kelayakan Bisnis. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Saragih, F. 2014. Pengaruh Penyuluhan terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang makanan sehat dan gizi seimbang. Fakultas Kesehatan: Universitas Sumatra Utara Medan.

Sarwono. 2011. Membuat Tempe dan Oncom. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2012. Brand Management and Strategy. Edisi Keduabelas, Jilid I. Jakarta: Andy.

Umar, Husein. 2015. Studi Kelayakan Bisnis: Teknik Menganalisis Kelayakan Rencana Bisnis secara Komprehensif., Ed ke-2. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Winarno Surakhmad. 2011. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2018-10-26

Most read articles by the same author(s)