Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup, Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Getok Tular Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Merek Samsung di Daerah Istimewa Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.36815/bisman.v6i3.2972Kata Kunci:
citra merek, gaya hidup, kualitas produk, brand ambassador, getok tular, minat beliAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dampak dari citra merek, gaya hidup, kualitass produk, brand ambassador dan getok tular terhadap keinginan untuk membeli smartphone Samsung. Populasi sampel penelitian ini terdiri dari penduduk biasa Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah menggunakan atau sekarang menggunakan ponsel pintar Samsung. Data sampel dikumpulkan menggunakan teknik sampling, dengan kuisoner digunakan sebagai alat pengumpulan data dengan 120 responden. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa citra merek, gaya hidup, kualitas produk, brand ambassador, dan getok tular secara bersamaan memiliki dampak positif dan signifikan pada niat konsumen untuk membeli smartphone Samsung. Citra merek, gaya hidup, kualitas produk, brand Ambassador, dan getok tular mampu menjelaskan variabel berjudul minat beli smartphone Samsung sebesar 70,7% dan sisanya sebesar 29,3% yang dijelaskan oleh variabel lain yang bukan termasuk dalam penelitian ini.
Referensi
D. Durianto (2013). Metode Penutupan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Merek Prilaku. Media Pustaka Utama, PT
A. Ferdinand (2006). Metode Studi Managemen : Tulis Tesis, Skripsi, Atau Disertasi Tentang Pengetahuan Managemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Gozali (2009). Aplikasi Analisis Multivariasi Menggunakan Program SPSS. Duduk di Semarang.
Hasan. A (2010). Pemasaran Kata-Kata, Atau Pemasaran Melalui Mulut Ke Mulut. Media Persindo
Keller, L. K. dan P. Kotler (2008). Jilid I Manajemen Pemasaran Edisi 13. Indonesia : Erlangga
Keller, L. K. dan P. Kotler (2016). Manajemen Pemasaran (15th Edition). Pearson Pendidikan, Inc., Jakarta,
Kotler dan Keller, L. K. (2016). Edisi 15 Manajemen Pemasaran, Jakarta: pearson Education.
Lidya, V, Pasaribu, D, dan Kotler, S. (2022) Jakarta: Pearson Education, Inc. Jurnal Manajemen Bisnis 18 (1), 37-49. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS.
Sernovitz (2012). Iklan dari Mulut Ke Mulut Bagaimana Bisnis Pintar Mendorong Percakapan ( revised edition). Publisher Kaplan.
Setiadi, N. J. (2003), Perilaku Konsumen. Kota Kencana, Jakarta
Silverman, G (2001). The Secret Word of Mouth Marketting: How to Triger Exponentialsless Through Runaway Word Of Mout.
Sugiyono, (2019) Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B untuk Analisis Data. Alphabet
Tjiptono F (2014). Setrategi Pemasaran Edisi 7. Yogyakarta:Andi.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pemberitahuan Hak Cipta
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
- Semua Informasi yang terdapat di Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management bersifat akademik. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.