Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup, Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Getok Tular Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Merek Samsung di Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis

  • Arif Sudaryana Fakultas Bisnis Universitas PGRI Yogyakarta
  • Ahmad Rizal Faihaan Fakultas Bisnis Universitas PGRI Yogyakarta
  • Fitri Susilowati Fakultas Bisnis Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36815/bisman.v6i3.2972

Kata Kunci:

citra merek, gaya hidup, kualitas produk, brand ambassador, getok tular, minat beli

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dampak dari  citra merek, gaya hidup, kualitass produk, brand ambassador dan getok tular terhadap keinginan untuk membeli smartphone Samsung. Populasi sampel penelitian ini terdiri dari penduduk biasa Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah menggunakan atau sekarang menggunakan ponsel pintar Samsung. Data sampel dikumpulkan menggunakan teknik sampling, dengan kuisoner digunakan sebagai alat pengumpulan data dengan 120 responden. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa citra merek, gaya hidup, kualitas produk, brand ambassador, dan getok tular secara bersamaan memiliki dampak positif dan signifikan pada niat konsumen untuk membeli smartphone Samsung. Citra merek, gaya hidup, kualitas produk, brand Ambassador, dan getok tular mampu menjelaskan variabel berjudul minat beli smartphone Samsung sebesar 70,7% dan sisanya sebesar 29,3% yang dijelaskan oleh variabel lain yang bukan termasuk dalam penelitian ini.

Referensi

D. Durianto (2013). Metode Penutupan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Merek Prilaku. Media Pustaka Utama, PT

A. Ferdinand (2006). Metode Studi Managemen : Tulis Tesis, Skripsi, Atau Disertasi Tentang Pengetahuan Managemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Gozali (2009). Aplikasi Analisis Multivariasi Menggunakan Program SPSS. Duduk di Semarang.

Hasan. A (2010). Pemasaran Kata-Kata, Atau Pemasaran Melalui Mulut Ke Mulut. Media Persindo

Keller, L. K. dan P. Kotler (2008). Jilid I Manajemen Pemasaran Edisi 13. Indonesia : Erlangga

Keller, L. K. dan P. Kotler (2016). Manajemen Pemasaran (15th Edition). Pearson Pendidikan, Inc., Jakarta,

Kotler dan Keller, L. K. (2016). Edisi 15 Manajemen Pemasaran, Jakarta: pearson Education.

Lidya, V, Pasaribu, D, dan Kotler, S. (2022) Jakarta: Pearson Education, Inc. Jurnal Manajemen Bisnis 18 (1), 37-49. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor TVS.

Sernovitz (2012). Iklan dari Mulut Ke Mulut Bagaimana Bisnis Pintar Mendorong Percakapan ( revised edition). Publisher Kaplan.

Setiadi, N. J. (2003), Perilaku Konsumen. Kota Kencana, Jakarta

Silverman, G (2001). The Secret Word of Mouth Marketting: How to Triger Exponentialsless Through Runaway Word Of Mout.

Sugiyono, (2019) Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B untuk Analisis Data. Alphabet

Tjiptono F (2014). Setrategi Pemasaran Edisi 7. Yogyakarta:Andi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-03

Terbitan

Bagian

Articles