Analisis Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Tranbsportasi On Line GRAB di Yogyakarta

Authors

  • Arif Sudaryana Universitas PGRI Yogyakarta
  • Latifah Wati Kardiana Program Sarjana Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

harga, promosi, kepercayaan, kualitas layanan, kemudahan dan kepuasan konsumen

Abstract

Kepuasan konsumen adalah kunci bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan, sehingga semua orientasi proses perusahaan dirahkan untuk memberi kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh harga, promosi, kepercayaan, kualitas layanan dan kemudahan terhadap kepuasan konsumen Grab di Kota Yogyakarta ..

Penelitian ini dilaksanakan di Yogyakarta sehingga sebagai populasi adalah  seluruh konsumen Grab yang berdomisili di kota Yogyakarta. Dari populasi tersebut, diambil sebagian sebagai sampel untuk sumber data sejumlah 120 konsumen sebagai responden  yang diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner secara tertutup yang dilengkapi dengan skala Likert lima rentangan yang diuji coba untuk diuji validitas dan reliabilitas instrumen. Seluruh data yang terkumpul  dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi berganda disertai dengan analisis determinasi.   

              Berdasarkan analisis terhadap  indikator-indikator variabel pada instrumen penelitian ini teruji  valid dan reliabel. Berdarkan analisis data hasil penelitian ini membuktikan bahwa harga, promosi, kepercayaan, kualitas layanan dan kemudahan berpengaruh positif serta signifikan terhadap kepuasan konsumen Grab di Yogyakarta. Berdasarkan Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat dirumuskan dalam  persamaan regresi sebagai berikut: Y = -1,937 + 0,332 X1 + 0,114 X2 + 0,092 X3 + 0,136 X4 + 0,411 X5  sedangkan analsisis determinasinya diketahui sebesar 0,770 atau 77%.

References

Anandita, F. B., & Saputra, S. D. (2015). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, dan Presepsi akan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial. Ekonomi dan Kewirausahaan, 15(2), 203-210.
Award, Top Brand. Top Brand Award. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index-id/#. (Diunduh pada tanggal 15 Mei 2019)
Basu Swastha dan Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen Edisi Pertama Cetakan Keempat. Yogyakarta: BPFE.
Chulaifi, M. I., & Setyowati, E. (2018, Januari). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Presepsi Harga dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umrah dan Haji Pada Pt. Sebariz Warna Berkah Di Surabaya. Jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jhp17, 3(1), 40-54.
Dutka, Alan. 1994. AMA Hand Book for Customer Satisfaction, NTC Bussiness Book, Illinois: Lincolnwood,

Foster, R.V. Timothy, 101 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Jakarta : PT.
Elex Media Komputindo.

Hair et al. 2010. Multivariate Data Analysis, Seventh Edition Pearson Prentice Hall.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Leksono, R. B., & Herwin. (2017, Oktober). Pengaruh Harga dan Promosi Grab Terhadap BrandImage yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pengguna Transportasi Berbasis Online. Riset Manajemen dan Bisnis, 2(3), 381 -390.
Lohse, G.L., Spiller, P., (1998). Electronic shopping: the effect of customer interfaces on traffic and sales. Communications of the ACM. 41, 81-87.
Sangadji, E dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Seluler.id. Begini Simulasi Perhitungan Tarif Baru Grabbike dan Gojek. https://selular.id/2016/03/begini-simulasi-perhitungan-tarif-baru-grabbike-dangojek/amp/#referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s. (Di unduh pada tanggal 15 Juli 2019)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suhari, Y. (2008 ). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, VIII(2), 140-146.
Suliyanto. (2009). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Servic).
Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Jatim: Banyumedia Publishing.

Tjiptono, dan Gregorius Chandra, 2005, Service Quality & Satisfaction, Yogyakarta : ANDI OFFSET.
----------, dan Diana, 2001, Total Quality Management, Yogyakarta : ANDI OFFSET.

Tugiso, I., Haryono, A. T., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Relationship Marketing, Keamanan, Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Of Managemen, 2(2).
Umar, Husein, 2003, Metode Riset Perilaku Organisasi, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12-26.
Waters, Donald, 2001, 101 Cara Meningkatkan Kinerja Bisnis, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Wibowo, F. P. (2018, Juni). Pengaruh Harga, Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perusahaan PT.GOJEK INDONESIA. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 9(1), 27-38.
Wikiwindu.com. Kode Promo Grab Yogyakarta Juli 2019.
https: //wikiwindu.com/kode-promo-grab-yogyakarta-terbaru/. (Di unduh pada tanggal 15 Juli 2019)

Published

2021-02-23