ANALISIS DAMPAK FRAMING IKLAN TERHADAP PENGUNJUNG WARKOP ANGKRINGAN BERBASIS INTERNET (WIFI) DI KAB. MOJOKERTO)

Authors

  • M. Syamsul Hidayat Universitas Islam Majapahit
  • Nurdiana Fitri Isnaini Universitas Islam Majapahit

Keywords:

Framing iklan, pengunjung, UMKM, Internet

Abstract

Dalam  penelitian ini  tujuannya adalah mengetahui dampak framing iklan yang disajikan oleh pemasar UMKM warkop angkringan pada setiap individu atau pengunjung dengan berbasis internet (wifi)), sedangkan target khusus adalah : untuk mengetahui dan menganalisis (1) apakah  framing iklan yang dibentuk oleh para pemasar (UMKM warkop angkringan) akan memberikan benefit bagi pengunjungnya. (2) apa keuntungan warkop angkringan berbasis internet (wifi) dan bagaimana cara mempertahankan loyalitas pengunjung  warkop angkringan berbasis internet, adanya informasi tersebut dapat digunakan untuk membenahi strategi pemasaran UMKM warkop angkringan berbasis internet (wifi) di Kab. Mojokerto.

              Penelitian ini merupakan eksploratory research.yang bertujuan untuk mengetahui  dampak framing iklan yang dibentuk oleh para pemasar (UMKM warkop angkringan) 1)akan memberikan benefit Manfaat bagi pengunjung Warkop, (2) mengetahui manfaat  bagi UMKM warkop angkringan berbasis internet (wifi) dan apa strategiwarkop dalam mempertahankan loyalitas pengunjung. Warkop angkringan berbasis internet (wifi) di Kab. Mojokerto. Proses penelitian dilakukan secara terstruktur dan menggunakan sampel dalam jumlah yang kecil. Wawancara/interview dilakukan secara open ended agar diperoleh informasi yang lengkap dari para partisipan. Teknik analisis dilakukan secara diskriptif, sesuai dengan tahapan dan pengelompokan bentuk informasi yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwabenefit bagi pengunjung warkop(konsumen) antara lain adalah a)Internet Gratis b). Istarahat/Santai c).Kumpul-Kumpul Dengan Rekan Kerja d). Menyelesaikan tugas Kantor.Sedangkan Keuntungan yang di peroleh oleh pemilik Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) yaitu antara lain:((a).Usaha Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) tidak memerlukan adanya ketrampilan yang tinggi yang memerlukan tingkat pendidikan formal ataupun yang sejenisnya,(b) Usaha Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) juga tidak memerlukan adanya modal yang terlalu besar.Oleh kare usaha ini tergantung pada skala usaha.Dimana pada umumnya tempat usaha merupakan sewa.(c). Pendapatan yang di peroleh cukuplumayan,(d). Adanya tingkat resiko yang rendah yang di miliki oleh para pemilik Warkop Warkop angkringan berbasis internet (Wifi) merupakan alasan dan keuntungan yang di peroleh.Dimana menu  yang di perjualbelikan umunya adalah anaeka minuman serta makanan ringan.

References

Alwasilah, A. Chaedar, 2002. Pokoknya Kualitatif, Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
Atkinson, John W. (1964). An Introduction to motivation. New York: D.Van Nostrand Company.
Cesario, Joseph, Heidi Grant. and E. Tory Higgins (2004). Regulatory Fit and Persuasion: Transfer From Feeling Right. Journal of Personality and Social Psychology, 86 (March).
Caraon, David, Audrey Gilmore, Chad Perry and Kjell Gronhaug, 2001. Qualitative Marketing Research, London: Sage Publications Ltd.
Daymon, Christine and Immy Holloway, 2002. Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications, London: Routledge.
Florack and Scarabis (2006). How Advertising Claims Affect Brand Preferences and Category Brand Associations : The role of Regulatory Fit Psychology Marketing. Vol 2. September 2006.
Fornell, C. and B. Wernerfelt, 2007. Defensive Marketing Strategy by Customer Complaint Management: A Theoretical Analysis, Journal of Marketing Research, Vol. 24 (4).
Higgins, (2006). Response to Comments on "How Regulatory Fit Affects Value in Consumer Choices and Opinions". Journal of Marketing Research, XLIII, February.
Higgins L, Wasiak J, Spinks A, Cleland H. 2012. Split-thickness skin graft donor site management: a randomized controlled trial comparing polyurethane with calcium alginate dressings. Int Wound J. 9(2).
Jain (2006), When more may be Less : The Effect of Regulatory Focus on Responses to Different Comparative Frames. Journal of Consumer Research. Inc. vol 33, June 2006.
Kassadian, Harold H., 1977. Content Analysis in Comsumer Research, Journal of Consumer Research, Vol. 4 (1).
Kuzel, eaveney, S.M., 1999, Customer Switching Behaviour in Service Industries: An Exploratory Study, Journal of Marketing, Vol. 59 (2).
Lee MF, Liou TH, Wang W, Pan WH, Lee WJ,Hsu CT, Wu SF, Chen HH. 2013. Gender, Body Mass Index, and PPARg Polymorphism are Good Indicators in Hyperuricemia Predictionfor Han Chinese. Genetic Testing and Molecular Biomarkers. 17(1).
Mariampolski, Hy, 2001, Qualitative Market Research: A Comprehensive Guide, Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.
Pham, Michel and Tamar Avnet (2004). Ideals and Oughts and the Reliarice. on Affect versusu Substance in Persuasion. Journal of Consumer Research. 30 (March).
Reynolds, Thomas J. and Jonathan Gutman, 1988. Laddering Theory, Method, Analysis, and Interpretation, Journal of Advertising Research, (February -March).
Sayre, Shay, 2001. Qualitative Methods for Marketplace Research, Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.
Wansink, Brian, 2000. New Techniques to generate Key Customers, Marketting Research, (Summer).
Wallace and Chen (2006) The Measurement of Regulatory Focus Personality and Social Psychology (vol 2, P 11 -42) Beuty Hills CA : Sage.
Wang, and Lee (2006), 'The Role of Regulatory Focus In Preference Construction' Journal of Marketing Research, 43 (February).
Yin, Robert K., 2004. Studi kasus : Desain dan Metode, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Zhou, X., et.al., 2008, Building Clinical Data Warehouse for Traditional Chinese Medicine Knowledge Discovery, Jurnal International Conference on BioMedical Engineering and Informatics.

Published

2019-02-08