Analisis Efektifitas Komunikasi Pemasaran untuk Produk Le Minerale Melalui Media Televisi terhadap Minat Beli

isi pesan, struktur pesan, format pesan, sumber pesan, media televisi, minat beli

Authors

  • Arif Sudaryana Fakultas Bisnis dan Hukum, Universitas PGRI Yogyakarta
  • Anindita Imam Basri Fakultas Bisnis dan Hukum, Universitas PGRI Yogyakarta
  • Dyah Pratiwisari Fakultas Bisnis dan Hukum, Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36815/bisman.v7i2.3270

Keywords:

message content, message structure, message format, message source, television media, purchase interest

Abstract

This research aims to determine the influence of message content, message structure, message format, message source, and television media on purchasing interest in bottled drinking water products under the Le Minerale brand in the Special Region of Yogyakarta. The method used in this research is a quantitative method. The data in the research is primary data with data collection techniques using questionnaires. Sampling used purposive sampling technique. Data analysis used SPSS version 26.0, the analysis technique used multiple linear regression analysis with a significance level of 0.05. The results of this research show that the variables of message content, message structure, message format, message source, and television media have a positive and significant effect on purchase interest in bottled drinking water products under the Le Minerale brand. This research is limited to message content, message structure, message format, message source, and television media on purchasing interest.

References

Ahdiat, A. 2022. Ini Jenis Media yang Paling Banyak Menyedot Perhatian Konsumen. Diakses pada 23 Agustus 2023 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/01/ini-jenis-media-yang-paling-banyak-menyedot-perhatian-konsumen

Amami, MohFurqon. 2013. Pengaruh Pesan Iklan Terhadap Minat Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun Angakatan 2009-2011 Yang Memilih Rokok S. Universitas Brawijaya.

Astuti, Budi, dan M, Sri Yeni. 2007. Hubungan Kekuatan Iklan Frestea Green di Televisi Terhadap Respon Konsumen Berdasarkan Model Hirarki Efek. 30(65), 277-91.

Atmodjo, T.J. 2013. Variabel Kuantitatif. Diakses dari https://statistika21.files.wordpress.com/2013/03/kumpulan-variabel-indikator-1.pdf

Azzahra, Fanisha Merinda. 2022. Strategi Komunikasi Pemasaran Yan Property Development Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Pada Project The Emeralda Resort. Universitas Komputer Indonesia.

Bimasa, Fitria. 2011. Pengaruh Pesan Iklan Televisi Terhadap Ingatan Dan Minat Beli, Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Universitas Brawijaya.

Dewanto, Adityo Agung. 2013. Analisis Pengaruh Variabel-Variabel Pesan Iklan Yang Mempengaruhi Brand Awareness Masyarakat.

Duhri, M. K. 2023. Pola Hidup Sehat Dan Isu Ramah Lingkungan. Diakses pada 1 Mei 2024 dari https://kolom.solopos.com/pola-hidup-sehat-dan-isu-ramah-lingkungan-1644256

Febriana, C. N., Kusumadji, S., dan Mawardi, M. K. 2015. Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Kesadaran Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Pengguna Produk TRESemme). Jurnal Administrasi Bisnis. 25(1).

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gustian, M. R & Rosyad, U. N. 2017. Hubungan Pesan SMS Blast Dunkin Donuts dengan Minat Beli Konsumen Di Bandung. Prosiding Manajemen Komunikasi. 3(1).

Hariyana, Nanik. 2013. Pengaruh Penggunaan Iklan Endorser Produk Sabun Lux Media Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Loyalitas Merek Pada Konsumen Produk Sabun Lux Di Kabupaten Jember. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen. 12(2).

Hasanah, Uswatun. 2008. Pengaruh Atribut-Atribut Iklan Terhadap Minat Beli Kartu GSM 3 Di Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Hastuti, R. P. 2022. Pengaruh Terpaan Iklan Shopee Di Televisi Terhadap Minat Beli Masyarakat Desa Jenggrik Kedunggalar Ngawi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Hemamalini, K. S & Kurup, S. K. 2014. Effectiveness of Television Advertisement on Purchase Intention. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology. 3(2).

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jl. 2. PT Prenhallindo.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, L. (2016). Marketing Management (15 Edition). Pearson Education, Inc.

Puryandani, S. 2012. Merancang Pesan yang Efektif Untuk Iklan Produk UNSOUGHT. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi Terapan. 3(1).

Putri, S. A. 2020. Pesan Iklan Sabun Lux Versi Bunga Citra Lestari Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Optima. 4(1).

Safitri, R & Andriani, I. 2018. Pengaruh Pesan Pada Instagram Terhadap Minat Beli Sayur Organik. Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi. 2(1).

Top Brand. 2023. Top Brand Kategori Makanan dan Minuman sub kategori Air Minum Dalam Kemasan. Diakses pada 15 September 2023 dari https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=2&id_subkategori=432&tahun_awal=2015&tahun_akhir=2023

Tunnisa, D. H. 2006. Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Konsumen Menjadi Nasabah Bank BRI. Universitas Islam Indonesia.

Wicaksono, Mohammad Pambudi Ari, dan Seminari, Ni Ketut. 2016. Pengaruh Iklan dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka. E-Journal Manajemen Unud. 5(8), 5098-5127.

Yoebrilianti, Anggit. 2014. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderator (Studi Kasus Pada Jejaring Sosial). Universitas Widyatama.

Downloads

Published

2024-07-11

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>